Koto Tangah Juara Irman Gusman Cup 2016

Minggu, 22 Mei 2016 - 21:27 WIB
Koto Tangah Juara Irman Gusman Cup 2016
Koto Tangah Juara Irman Gusman Cup 2016
A A A
PADANG - Setelah bergulir sejak tiga bulan lalu, turnamen antar-kecamatan se-Sumatera Barat bertajuk Irman Gusman Cup 2016 berakhir dengan sukses. Kecamatan Koto Tangah keluar sebagai juara setelah di laga final mengalahkan Kecamatan Koto Kampung Dalam dengan skor 2-0 di Stadion H. Agus Salim, Padang, Minggu (23/5/2016).

"Kunci sukses kami adalah memberikan kepercayaan kepada pemain. Hal itu dapat menutup kekurangan kami dalam segi persiapan yang tergolong mepet," kata David Afri Ardi, pelatih Koto Tangah.

Sementara itu, panitia penyelenggara mengaku bangga dengan keberhasilan menggulirkan turnamen yang diikuti 153 kecamatan yang berasal dari 18 kota/kabupaten itu. Bagi mereka, ini adalah momentum untuk membangkitkan sepak bola Sumatera Barat.

"Semoga ini bisa berdampak positif. Dengan apa yang sudah kami lakukan ini, saya semakin yakin Indonesia memiliki bibit potensial di sepak bola. Kita semua bisa melihat, antar kecamatan saja permainannya sudah bagus," kata Irman Gusman, Ketua DPD RI yang namanya diabadikan sebagai nama turnamen.

Baginya, Irman Gusman Cup merupakan bagian dari pembinaan pesepakbola muda nasional, khususnya Sumbar. Penyelenggara memang membatasi usia bagi 3825 pemain yang ambil bagian, yakni di bawah usia 23 tahun. Tak hanya itu, setiap tim wajib menyertakan pemain U-19 dengan minimal bermain 45 menit di setiap pertandingan.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, yang hadir di laga final memberikan pujian untuk Irman Gusman Cup. "Kami bangga akan turnamen ini. Semoga dengan ajang ini masyarakat Sumbar semakin termotivasi untuk bermain sepak bola dan kemudian bisa membawa nama baik Sumbar," tuturnya.

Tak hanya suskes dalam hal peneyelenggaraan dari kick off hingga final, Irman Gusman Cup juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori turnamen yang melibatkan tim terbanyak se-Asia. Dengan status itu, Irman semakin antusias untuk terus mengembangkan turnamen itu.

"Kami akan mencari 24 pemain untuk diberikan pelatihan khusus dari ajang ini dengan melibatkan para pencari bakat. Nantinya bisa mendatangkan pelatih atau mengirim mereka berlatih di luar negeri agar semakin memotivasi," ujar Irman.

Selanjutnya, Irman berpesan agar seluruh tim bisa mempersiapkan diri lebih matang karena tahun depan akan digulirkan lagi. (Baca juga: Turnamen Sepakbola Terbesar di Sumbar, IGC 2016 Dibuka Irman Gusman)
Koto Tangah Juara Irman Gusman Cup 2016
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8556 seconds (0.1#10.140)