Preview Spanyol vs Turki: Juara Bertahan Andalkan Pengalaman

Jum'at, 17 Juni 2016 - 13:00 WIB
Preview Spanyol vs Turki:...
Preview Spanyol vs Turki: Juara Bertahan Andalkan Pengalaman
A A A
NICE - Kekuatan mental dan pengalaman menjadi senjata utama Spanyol saat melayani Turki pada laga kedua penyisihan Grup D, Piala Eropa 2016. La Furia Roja tidak akan menyia-nyiakan kesempatan merebut tiket ke babak gugur.

Spanyol banyak belajar dari kegagalan di Piala Dunia 2014. Negeri Matador kini tidak akan membuang peluang meraih angka penuh. Mereka akan berusaha melaju ke fase selanjutnya secepat mungkin.

Saat di Brasil, pasukan Vicente del Bosque terhenti di penyisihan Grup B karena lambat panas. Berstatus jawara Piala Dunia 2010, Spanyol dihajar Belanda 1-5 pada laga pertama, dan tumbang 0-2 dari Chile di partai selanjutnya. Sergio Ramos dkk baru menang 3-0 kontra Australia pada duel penutup. Tapi, itu sudah terlambat.

Kesalahan tersebut tidak ingin diulangi Spanyol. Itu sudah dibuktikan dengan memukul Republik Ceko 1-0 pada partai pertama Grup D. Jawara Piala Eropa 2008 dan 2012 itu hanya perlu tiga angka lagi untuk melangkah ke babak 16 Besar. Itu akan berusaha dipenuhi saat tampil di Allianz Riviera, Nice, Sabtu (18/6/2016) dini hari.

“Hal terpenting adalah memulai turnamen dengan kemenangan. Itu bisa kami lakukan. Kami bukan hanya satu atau dua orang. Kami adalah grup. Ada sekelompok pemain hebat di sini. Dan, kami ingin memenangi Piala Eropa 2016,” ucap gelandang Spanyol, Thiago Alcantara, dikutip marca.

Alcantara menilai Spanyol sekarang berbeda dari Spanyol dua tahun lalu. Kerja sama tim kini jauh lebih baik. Pengalaman di Brasil membuat setiap pemain tahu apa yang harus dilakukan untuk menang.

“Spanyol sudah memenangi tiga dari empat turnamen besar terbaru. Kami punya bek yang bagus. Kami punya banyak pemain yang sangat bernafsu memberi kontribusi. Kami akan turun ke lapangan untuk mengerahkan yang terbaik dan mencoba menang,” pungkas Alcantara.

Perkembangan Spanyol terlihat dari torehannya selama dua tahun terakhir. Mereka meraih 10 kemenangan, dua imbang dan tiga kalah dari 15 laga baik uji coba maupun resmi. Selama periode itu Spanyol cuma sekali kebobolan dua gol, yakni waktu kalah 0-2 dari Belanda pada laga persahabatan.

Ini tentunya jadi kendala bagi Turki. Ay-Yıldızlılar harus mencari cara untuk merusak pertahanan Spanyol. Jika tidak, kekalahan 0-1 dari Kroasia, bisa kembali terulang. Terlebih dengan rekor pertemuan yang buruk. Ya, tim besutan Fatih Terim itu sudah tiga kali beturut-turut diseruduk Spanyol.

“Awal yang buruk telah melukai kami. Sebab, kami sangat ingin menang. Sekarang kami punya pertandingan yang sangat penting. Kami perlu semua dukungan,” ucap gelandang Turki, Ozan Tufan.

Perkiraan Pemain

Spanyol: 4-5-1
De Gea; Juanfran, Pique, Ramos, Alba; Busquets; Silva, Fabregas/Thiago Alcantara, Iniesta, Nolito; Morata.
Pelatih: Vicente del Bosque

Turki: 4-3-3
Babacan; Gonul, Kaya, Balta, Erkin; Topal, Inan, Ozyakup; Sen, Calhanoglu, Turan.
Pelatih: Fatih Terim
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2561 seconds (0.1#10.140)