Hadapi Inggris, Lars Lagerback Ingin Jaga 'Kesucian Diri'

Kamis, 23 Juni 2016 - 23:17 WIB
Hadapi Inggris, Lars Lagerback Ingin Jaga Kesucian Diri
Hadapi Inggris, Lars Lagerback Ingin Jaga 'Kesucian Diri'
A A A
NICE - Pelatih Islandia, Lars Lagerback punya misi pribadi kalah anak asuhnya menghadapi Inggris di babak 16 Besar Piala Eropa 2016. Pelatih asal Swedia itu ingin menjaga 'kesucian diri', yakni mempertahankan rekor tak terkalahkan kala bertemu Inggris.

Lagerback sebelumnya memang kurang begitu bersinar dibandingkan dengan pelatih lainnya. Namun tangan dingin dan kerja keras bersama Heimer Hallgrimso, membuat pria 67 tahun sukses menyulap Islandia menjadi tim yang benar-benar menakutkan di Prancis.

Sejumlah tim kuat seperti Portugal pun sempat merasakan sulitnya menaklukan Aron Gunnarsson Cs di penyisihan Grup F. Bahkan di laga terakhir Islandia benar-benar mengejutkan setelah menggulingkan Austria di detik-detik akhir pertandingan sekaligus membuat Cristiano Ronaldo dan rekan ada di peringkat ketiga.

Dalam sepanjang kariernya, Lagerback telah tiga kali menangani tim nasional selain Swedia dan Islandia. Sebelumnya ia tercatat menjadi juru taktik Nigeria.

Nah ketika menukangi Swedia itulah sejarah manis berhasil dibuat Lagerback kala melawan Inggris. Dari enam kali pertemuan, belum sekalipun Inggris bisa mengalahkan taktik Lagerback.
Hadapi Inggris, Lars Lagerback Ingin Jaga 'Kesucian Diri'

Inilah yang bakal diterapkan kala Islandia bertarung memperebutkan tiket perempat final melawan Inggris pada 28 Juni nanti. "Selalu indah jika bermain dengan Inggris. Saya punya pengalaman bagus soal itu. Sudah enam kali ketika menjadi pelatih Swedia bertemu dengan Inggris dan tidak pernah sekali pun mengalami kekalahan. Jadi, kami akan menjaga hal tersebut," papar Lagerback dilansir Dailymail, Kamis (23/6/2016).

Menurutnya, sekarang ini merupakan momen spesial. Sebab, sejumlah pemain Islandia tumbuh dan berkembang di Liga Inggris, sama halnya dengan pemain Swedi. "Ini akan benar-benar indah untuk menjaga rekor bagus melawan salah satu negara sepak bola terbaik di dunia."

Lagerback menjadi pelatih Swedia pada 1998 dan 2009. Ketika itu ia dua kali mencatat kemenangan dan empat kali berakhir imbang.

"Ada keuntungan besar ketika Swedia bertemu Inggris, karena sebagian pemain sudah tahu sekali bagaimana sepak bola Inggris. Kami punya pemain yang bermain di sana dan sangat tahu permainan mereka," tukas Lagerback.

Rekor Lars Lagerback kontra Inggris
1998, Swedia vs Inggris 2-1
1999, Inggris vs Swedia 0-0
2001, Inggris vs Swedia 1-1
2002, Inggris vs Swedia 1-1
2004, Swedia vs Inggris 1-0
2006, Swedia vs Inggris 2-2
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8017 seconds (0.1#10.140)