Indonesia Berharap TAFISA World Games 2016 Lebih Banyak Peserta

Selasa, 19 Juli 2016 - 23:31 WIB
Indonesia Berharap TAFISA World Games 2016 Lebih Banyak Peserta
Indonesia Berharap TAFISA World Games 2016 Lebih Banyak Peserta
A A A
JAKARTA - Sebagai tuan rumah The Association For International Sport for All (TAFISA) World Games 2016, Indonesia berharap negara tetangga bisa ikut berpartisipasi di ajang itu. Pasalnya, hingga saat ini hanya empat negara Asean yang bersedia datang pada event yang digelar Oktober mendatang.

Ketua Umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Hayono Isman mengatakan, sudah ada 68 negara yang memberikan konfirmasi untuk ikut serta pada TAFISA nanti. FORMI sendiri menargetkan 100 negara yang ikuti di ajang itu.

Dia juga berharap sejumlah negara tetangga seperti Australia, Timor Leste, Papua New Guinea bisa berpartisipasi pada TAFISA World Games 2016. "Masalahnya sekarang ini banyak bom di sana sini sehingga menghambat negara-negara untuk ikut serta pada TAFISA World Games 2016. Untuk itu kita berharap pemerintah kembali mengencarkan bahwa Jakarta itu aman. Sementara pendaftaran baru akan ditutup pada 15 Agustus mendatang," ujar Hayono Isman saat menggelar Rakernas FORMI di salah satu hotel bilangan Jakarta, Selasa (18/7).

Pada Rakernas itu, Hayono Isman juga membahas bagaimana peran Provinsi dan Kabupaten/Kota mendukung secara gotong royong pembiayaan dari Tafisa World Games 2016. Karena penyelenggaraan Tafisa masih kurang Rp100 miliar.

Hal itu nantinya diharapkan Provinsi, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), serta BUMN, bisa secara gotong royong mendukung kegiatan Tafisa ini. Sejauh ini pihak Kemenpora telah memberikan dukungan sebesar Rp125 miliar untuk menyukseskan terselengaranya TAFISA World Games 2016.

Itu sebagaimana disampaikan Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta. "Di luar Rp125 miliar tadi, Kemenpora tentunya juga mengharapkan dukungan dari semua pihak. Selain pembiayaan, harapan kami juga sejumlah pihak, teemasuk Kabupaten/Kota dan Provinsi bisa memberikan dukungan dari segi fasilitas dan lain sebagainya. Karena sukses atau tidaknya penyelenggaraan TAFISA World Games 2016, akan tergantung dari kerja sama kita secara gotong royong," ujar Raden Isnanta.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6601 seconds (0.1#10.140)