Franco Uncini Dinobatkan sebagai Legenda MotoGP Terbaru

Jum'at, 09 September 2016 - 18:55 WIB
Franco Uncini Dinobatkan sebagai Legenda MotoGP Terbaru
Franco Uncini Dinobatkan sebagai Legenda MotoGP Terbaru
A A A
MISANO - Jelang Grand Prix San Marino bergulir, MotoGP memberikan penghargaan tertinggi untuk seorang mantan pembalap. Franco Uncini asal Italia, menerima penghargaan World Championship Hall of Fame di Sirkuit Misano.

Dipandu CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, Uncini yang berstatus pemilik satu gelar kelas 500cc diberi penghargaan seumur hidup sebagai legenda balap motor, Jumat (9/9/2016). Pria berusia 61 tahun itu kini bisa bersanding dengan Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, serta Wayne Gardner.

"Saya sangat senang. Ini adalah waktu yang lain bagi saya untuk mewujudkan mimpi. Terima kasih kepada IRTA, Dorna, FIM dan semuanya. Bagi saya ini adalah momen yang sangat penting. Terima kasih," tutur Uncini seperti dilansir situs resmi balapan.

Ezpeleta mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada Uncini atas dedikasinya kepada dunia balap motor. "Franco tak cuma jadi pahlawan di kelas 500 dan 250cc, tapi juga untuk era baru balap motor. Franco telah jadi bagian dari evolusi MotoGP. Kami sangat bangga bisa memberinya penghargaan ini, suatu kehormatan bagi kami," ujar pria asal Spanyol itu.

Uncini yang kini jadi Direktur keselamatan MotoGP, merupakan pembalap besar asal Italia. Sebelum nama Rossi muncul, ia adalah pembalap Italia terakhir yang bisa menangkan balapan kelas tertinggi.

Meski kariernya di lintasan balap terbilang singkat (1976-1985), Uncini tetap bisa mengibarkan bendera Italia di dunia balap motor. Pada musim 1982, ia merebut gelar juara kelas 500cc mengalahkan pembalap tenar lainnya seperti Freddie Spencer, Kenny Roberts, Barry Sheene, dan Randy Mamola.

Salah satu momen yang paling diingat dari Uncini adalah kecelakaannya di Sirkuit Assen. Ia terhantam motor Wayne Gardner hingga koma.

Uncini pensiun pada musim 1986 setelah mengakhiri musim sebelumnya di peringkat ke-15. Setelah pria berambut keriting pensiun, Italia mesti menunggu hampir 10 tahun lamanya untuk menemukan pembalap bertalenta lagi yakni ketika Rossi menjalani debutnya sebagai profesional pada musim 1996.

Daftar Legenda MotoGP
Giacomo Agostini - Italia
Alex Criville - Spanyol
Mick Doohan - Australia
Geoff Duke - Britania Raya
Wayne Gardner - Australia
Mike Hailwood - Britania Raya
Daijiro Kato - Jepang
Eddie Lawson - Amerika Serikat
Toni Mang - Jerman
Angel Nieto - Spanyol
Wayne Rainey - Amerika Serikat
Phil Read - Britania Raya
Jim Redman - Australia
Kenny Roberts Sr - Amerika Serikat
Jarno Saarinen - Finlandia
Kevin Schwantz - Amerika Serikat
Barry Sheene - Britania Raya
Marco Simoncelli - Italia
Freddie Spencer - Amerika Serikat
Casey Stoner - Australia
John Surtees - Britania Raya
Carlo Ubbiali - Italia
Jorge Martinez - Spanyol
Nicky Hayden - Amerika Serikat
Franco Uncini - Italia
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6354 seconds (0.1#10.140)