Preview Madura United vs Sriwijaya FC: Duel Papan Atas

Rabu, 14 September 2016 - 09:00 WIB
Preview Madura United vs Sriwijaya FC: Duel Papan Atas
Preview Madura United vs Sriwijaya FC: Duel Papan Atas
A A A
MADURA - Laga sengit akan terhampar di Gelora Bangkalan, Rabu (14/9/2016). Penghuni papan atas klasemen Indonesia Soccer Chamionship (ISC) A 2016 Madura United (MU) akan menjamu tim onfire Sriwijaya FC pada pekan ke-20.

MU punya memori buruk melawan Sriwijaya FC di ISC A 2016. Pada putaran pertama, MU kalah telak 0-5 di Jakabaring, Mei lalu. Hingga kini hasil tersebut menjadi kekalahan terbesar MU sejak berjibaku di kompetisi musim ini.

Nah, pada pertemuan kedua di Gelora Bangkalan, MU tidak mau menjadi pecundang untuk kedua kalinya. Sape Kerap -julukan MU- ingin membalas kekalahan tersebut saat meladeni Laskar Wong Kito di depan publik sendiri.

Pelatih MU Gomes De Oliviera menyatakan timnya wajib membawa motivasi lebih ketika bertemu dengan Laskar Wong Kito. Selain untuk membalas kekalahan telak di putaran pertama lalu, MU juga harus menjaga jarak dengan pesaingnya di papan klasemen.

"Mengingat Sriwijaya FC pernah memberi kami kekalahan besar, maka motivasi dan semangat harus ditingkatkan untuk membalasnya. Tidak boleh lagi ada kesalahan seperti putaran pertama dan target untuk pertandingan nanti adalah menang," jelas Gomes De Oliviera.

Dia optimistis timnya bisa menghadapi kualitas Sriwijaya FC, apalagi tidak ada persoalan serius yang dihadapi. Kembalinya kapten Fabiano Beltrame menjadi suntikan moril maupun teknis bagi tim kebanggaan masyarakat Pulau Garam, setelah pekan lalu absen karena akumulasi kartu kuning.

Keberadaan Fabiano bakal memperkokoh lini belakang, sementara sektor lain juga relatif lengkap tanpa ada pemain yang cedera atau akumulasi kartu. "Kami dalam kondisi bagus untuk memainkan sepakbola terbaik. Tetap disiplin dan respek terhadap lawan," begitu pesan Gomes.

Dia mengakui Sriwijaya sedang dalam kondisi positif setelah merangsek ke posisi tiga klasemen sementara dengan 34 poin, hanya tertinggal enam angka dari MU (40 angka) di puncak klasemen. Itu setelah mereka membabat habis dua laga kandang yakni lawan Persiba Balikpapan dan Persib Bandung, serta menceploskan masing-masing tiga gol di dua laga tersebut.

Sriwijaya FC dalam kepercayaan diri tinggi setelah menang di dua pertandingan kandang secara beruntun. Walau tidak bisa diperkuat empat pemainnya, termasuk Firman Utina yang terkena akumulasi kartu kuning, Pelatih Sriwijaya Widodo C Putro mengklaim timnya tetap stabil.

"Absennya empat pemain sudah saya antisipasi dan tentu ada pengganti yang sepadan. Pertandingan di kandang Madura United akan sulit karena mereka tak pernah kalah di kandang. Tapi saya melihat tim Sriwijaya FC dalam kondisi stabil dan positif," ungkap Widodo C Putro.

Selain Firman, pemain yang absen adalah Teja Pakualam, Ichsan Kurniawan dan Zalnando, yang tercantum dalam tim PON Sumatera Selatan. Widodo berjanji absenya pemain-pemain tersebut tak akan berpengaruh besar pada performa Laskar Wong Kito.

Soal taktik untuk meredam ambisi MU, pelatih kelahiran Cilacap ini mengatakan timnya tidak akan terkungkung dalam permainan negatif. Menurutnya Sriwijaya FC akan meladeni permainan ofensif tuan rumah, dengan memberikan ancaman yang serius.

"Saya memperkirakan Madura United akan terus menekan dan berusaha secepat mungkin mencetak gol. Kami harus waspada sejak menit awal dan akan memberikan tekanan balik. Saya rasa ada kesempatan besar untuk membuka peluang dan mencetak gol," demikian Widodo.

Dalam lawatan ke Jawa Timur selama ISC 2016, rekor Sriwijaya FC sebenarnya tak terlalu buruk. Sriwijaya FC pernah mengalahkan Bhayangkara FC, menahan imbang Persegres Gresik United dan kalah kontra Persela Lamongan.

Perkiraan Pemain

Madura United (4-3-3): Hery Prasetyo; Gilang Ginarsa, Munhar, Fabiano Beltrame, Rendi Siregar; Dane Milovanovic, Eric Weeks, Asep Berlian; Bayu Gatra, Pablo Rodriguez, Engelberd Sani.
Pelatih: Gomes De Oliviera

Sriwijaya FC (4-3-3): Yogi Triana; A Jufrianto, Fachruddin Wahyudi, Mauricio Maciel, Supardi; Ahmad Jufriyanto, Yoo Hyun Koo, Ngurah Wahyu; TA Mushafry, Rizky Dwi Ramadhana, Alberto Goncalves.
Pelatih: Widodo C Putro

Lima Pertemuan Terakhir
15-05-2016 Sriwijaya FC vs Madura United 5-0
28-11-2015 Sriwijaya FC vs Madura United 1-1
31-08-2014 Sriwijaya FC vs Madura United 1-2
06-02-2014 Madura United vs Sriwijaya FC 0-1
29-06-2013 Madura United vs Sriwijaya FC 2-2
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5483 seconds (0.1#10.140)