Raih Dua Medali, Yogya Raih Posisi Delapan

Kamis, 15 September 2016 - 22:47 WIB
Raih Dua Medali, Yogya...
Raih Dua Medali, Yogya Raih Posisi Delapan
A A A
BANDUNG - Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil menambah dua medali di Pekan Olah raga Nasional (PON) XIX. Medali direbut dari cabang drumband nomor Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB) 2.000 meter (m) campuran dan judo melalui nomor plus 100 kilogram (kg) individual putra atas nama Toga Pramandita.

Pelatih drum band Dhiyaul Fajri menyampaikan, perolehan medali perak di nomor tersebut termasuk di luar analisis kebanyakan pelatih dari berbagai provinsi. Awalnya banyak memprediksi DIY akan mendapatkan medali emas.

Begitu pula di nomor LKKB 4.000 m campuran yang juga menilai DIY patut mendapatkan medali emas. Namun kenyataannya penilaian juri berbeda. Posisi pertama akhirnya direbut Jawa Barat.

"Ini benar-benar di luar prediksi dan analisis, secara realita lapangan prediksi dari pelatih berbagai provisi lain, posisi emas untuk DIY, perak Banten, dan Aceh. Ternyata hasil keputusan juri di luar dugaan, (menempatkan) Jawa Barat di posisi pertama, juga di nomor 4.000 m," ujar Fajri, Kamis (15/9/2016).

"Kami hanya bisa menerima keputusan juri, karena tidak bisa diganggu gugat. Dan apapun keputusannya harus dihormati. Tetap optimis di enam nomor yang masih akan dipertandingkan besok (16/9)," tambah Dhiyaul.

Sementara itu Anggota Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (Binpres KONI) DIY Andi Hirawan mengatakan, satu medali perunggu juga berhasil disumbangkan oleh atlet cabor judo Toga Pramandita.

Ia berhasil melaju hingga ke semifinal dan berhadapan dengan atlet Jawa Barat. Namun langkah Toga tidak diikuti oleh rekannya, Muhammad Candra yang tunduk di hadapan atlet DKI Jakarta di nomor 90-100 kg individual putra. Begitu pula dengan atlet judo Dhanu Agustiantoro yang gagal menyumbangkan medali di nomor 81-90 kg individual putra karena takluk atas atlet Jawa Timur.

"Di cabor judo kami masih berharap medali emas dari Laurenzia Margareta Andreas di nomor 45-48 kg individual putri," imbuh Andi.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)