Gagal Tampil, Atlet DKI Ngadu ke Federasi Renang Dunia

Jum'at, 23 September 2016 - 12:03 WIB
Gagal Tampil, Atlet DKI Ngadu ke Federasi Renang Dunia
Gagal Tampil, Atlet DKI Ngadu ke Federasi Renang Dunia
A A A
BANDUNG - Kekisruhan sempat terjadi pada pertandingan renang indah di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. Atlet DKI Jakarta, Adelia Amanda Nirwala tidak boleh tampil karena adanya pembatasan usia.

Saat ini Adelia berumur 28 tahun. Sedangkan batas maksimal adalah 26 tahun. Kericuhan terjadi karena Manajer Cabor Renang Indah DKI, Rudy Salahuddin menilai pembatasan usia tidak ada dalam aturan Persaturan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Kami memilih mundur di tiga nomor pertandingan (renang indah) ini," tegas Rudy. "Anak-anak sudah bertahun-tahun berlatih. Mereka mengorbankan sekolah, biaya, tenaga," tambahnya.

Rudy pun menduga ada permainan dalam technical hand book (THB) renang indah. Ia menganggap masalah pembatasan usia ini tidak pernah ada dalam perhelatan sebelumnya.

Kecewa atletnya tidak bisa turun di nomor solo technical routine putri, Kontingen DKI akhirnya memilih melakukan aksi walk out. Selain itu mereka bakal melaporkan masalah ini ke Federasi Renang Dunia (FINA).

Menanggapi ini, PB PON siap pasang badan. Mereka bakal meladeni jika aduan benar-benar dilakukan.

"Itu terserah mereka saja. Kalau mengacu pada peraturan, kita tidak akan disalahkan (FINA)," kata Ketua Bidang Pertandingan PON XIX, Yudha M Saputra, Jumat (23/9/2016).

"THB itu sudah disosialisasikan sejak setahun terakhir dan semua kontingen setuju," tegasnya.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5554 seconds (0.1#10.140)