Eks Pelatih Timnas Yakin Indonesia Punya Prospek Juara Piala AFF 2016

Sabtu, 19 November 2016 - 15:07 WIB
Eks Pelatih Timnas Yakin Indonesia Punya Prospek Juara Piala AFF 2016
Eks Pelatih Timnas Yakin Indonesia Punya Prospek Juara Piala AFF 2016
A A A
BANDUNG - Petualangan Indonesia di Piala AFF 2016 di mulai hari ini. Timnas Merah Putih melawan Thailand pada laga pembuka Grup A di Stadion Olahraga Filipina, Bocaue, Sabtu (19/11/2016). Meski terjebak di grup neraka, namun bagi mantan pelatih timnas U-23 (1990–1991) dan timnas senior (1990–1994) Nil Maizar, Indonesia masih punya peluang juara di Piala AFF edisi ke-11 ini.

Secara umum, Nil yang kini menjadi juru taktik Semen Padang itu melihat Indonesia memiliki peluang untuk menjuarai Piala AFF 2016. Tapi, butuh perjuangan ekstra keras mengingat Indonesia baru saja kembali ke kancah sepak bola internasional setelah sempat disanksi FIFA tampil di laga internasional. (Baca juga: Preview Thailand vs Indonesia: Skuat Garuda Siap Jegal Juara Bertahan Thailand).

Dari empat laga uji coba terakhir, Nil melihat permainan Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal itu bisa jadi modal untuk mengarungi setiap laga demi laga. "Artinya prospeknya ada dengan materi pemain yang Alfred Riedl dapatkan saat ini," kata Nil Maizar. "Mereka bisa berbuat, meski dengan persiapan tim yang tidak terlalu lama," imbuhnya.

Saat ini, skuad Merah Putih dihuni para pemain terbaik dari Indonesia. Komposisi pemain senior dan junior dipadukan cukup baik oleh pelatih Alfred Riedl. Meski masa persiapan tidak terlalu banyak, Nil berharap hal itu tidak menjadi hambatan berarti. Kuncinya adalah ada di tangan Riedl sebagai nakhoda tim.

Yang terdekat, Indonesia akan menghadapi Thailand. Itu akan jadi langkah awal yang berat bagi Zulham Zamrun dkk. Tapi, jika mampu melewati hadangan Thailand, peluang Indonesia akan semakin terbuka untuk berbicara banyak di Piala AFF. "Ini tinggal bagaimana Riedl meyakinkan pemain agar tidak mengeluh walaupun Thailand lagi on fire kemarin lawan Australia 2-2. Harus optimistis, jangan mengeluh. Itu saja," ungkapnya.

Jika bisa menjungkalkan Thailand, Nil memandang itu akan jadi gebrakan tersendiri bagi Indonesia. Sehingga kontestan lain akan terbuka matanya melihat kekuatan Indonesia. "Tentu, kalau Indonesia bisa mengalahkan Thailand, luar biasa," ujar Nil Maizar.

Sebagai mantan pelatih timnas, Nil pun mendoakan yang terbaik untuk Indonesia. Dia berharap Indonesia bisa menggapai prestasi terbaiknya sebagai hadiah manis untuk publik pencinta sepak bola nasional.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8360 seconds (0.1#10.140)