Kejuaraan Dunia Silat 2016 Banjir Respon Positif

Minggu, 04 Desember 2016 - 04:31 WIB
Kejuaraan Dunia Silat 2016 Banjir Respon Positif
Kejuaraan Dunia Silat 2016 Banjir Respon Positif
A A A
DENPASAR - Sebanyak 40 negara mengirimkan perwakilannya untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-17 yang digelar di GOR Lila Bhuana, Denpasar, 4-8 Desember 2016. Setelah dibuka secara resmi oleh Prabowo Subianto selaku Presiden Persatuan Pencak Silat Antar Bangsa (Persilat) dan Imam Nahrawi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), ajang ini langsung mendapat respon positif dari banyak pihak.

"Antusiasme kali ini sangat tinggi, mulai dari Benua Eropa hingga kawasan Timur Tengah telah mengirimkan kontingennya. Ini sebuah kehormatan untuk bangsa kita," ucap Ketua Panitia Penyelenggara, Edhy Prabowo.

"Pencak Silat nanti menjadi cabang di Asian Games. Semoga ke depan menjadi cabang di olimpiade. Saya optimistis untuk itu," tegasnya.

Edhy yakin turnamen ini akan berjalan secara fairplay. Sebab hal itu merupakan unsur utama yang harus dimiliki tiap atlet termasuk para petarung bela diri pencak silat.

"Saya pastikan turnamen akan berlangsung sangat fair. Selain menggunakan metode terbaru, sifat curang bukanlah cerminan dari pesilat dan pendekar," tuturnya.

Sementara itu, Prabowo berharap ajang ini bukan hanya menghasilkan juara dunia, tapi juga mampu mempromosikan nilai-nilai yang dipegang oleh pendekar silat. Beberapa nilai tersebut antara lain mempertahankan kejujuran, keadilan, membela kebenaran serta membela sosok yang lemah. "Yang berjiwa sportiflah yang layak menjadi juara dunia," ungkapnya. (Baca juga: Kejuaraan Silat Resmi Dibuka, Indonesia Siap Bersaing dengan 39 Negara Peserta)
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5075 seconds (0.1#10.140)