Tantang Maung Bandung di Kandangnya, Persiba Balikpapan Main Lepas

Minggu, 12 Februari 2017 - 08:36 WIB
Tantang Maung Bandung di Kandangnya, Persiba Balikpapan Main Lepas
Tantang Maung Bandung di Kandangnya, Persiba Balikpapan Main Lepas
A A A
BANDUNG - Persiba Balikpapan akan menghadapi ujian sesungguhnya di Piala Presiden 2017. Tim berjuluk 'Beruang Madu' itu akan dijamu Persib Bandung dalam laga kedua Grup C di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (12/2/2017).

Pelatih Persiba Timo Scheunemann pun bersikap realistis. Ia tidak mengumbar misi kemenangan meski sangat menginginkannya. Bagi pria keturunan Jerman itu, misi membuat permainan Persiba berjalan apik menjadi tujuan utama. Ia ingin apa yang diperagakan selama latihan bisa berjalan baik saat pertandingan nanti.

"Hasil urusan belakangan. Tapi saya yakin kalau pemain disiplin dalam bertahan, menerapkan sistem kita dengan penuh konsentrasi, dan pada saat memegang bola mereka bermain lepas, hasil (manis) akan datang dengan sendirinya," kata Timo di Hotel Topas, Kota Bandung, Sabtu (11/2/2017).

Ia pun menegaskan kembali misi Persiba di Piala Presiden. Ia menjadikan turnamen tersebut sebagai ajang untuk membentuk kekuatan tim jelang bergulirnya Liga 1. Karena hal itu, ia tidak terlalu bernafsu meraih kemenangan sebagai target utama. Yang terpenting, selama Piala Presiden menjadi ajang pembelajaran timnya untuk menyongsong kompetisi mendatang.

Apalagi Persiba tampil di Bandung dan akan disaksikan oleh Bobotoh. Hadirnya Bobotoh pun diharapkan membuat mental pemain Persiba semakin terlatih dengan tekanan.

"Utamanya (di liga) maunya menang karena ada klasemen dan sebagainya. Tapi sekarang tujuannya bagaimana caranya bisa bermain lepas walaupun dibawah tekanan," ungkapnya.

Ia pun meminta anak asuhnya memandang positif kehadiran Bobotoh. Mereka harusnya menjadi motivasi bagi para pemain Persiba yang bertarung di lapangan.

"Kalau saya ngomong ke pemain (jadikan Bobotoh) sesuatu yang positif, seharusnya pemain senang kalau ada penonton banyak, kemudian ada tantangan, itu merupakan sesuatu yang positif, jangan dijadikan sesuatu yang negatif," jelas Timo.

Sementara secara taktik, Timo sudah mempersiapkannya dalam beberapa hari terakhir. Salah satu yang dilakukannya adalah mematangkan formasi 4-2-3-1. Ia berharap formasi itu berjalan sempurna meski skuadnya akan tertekan ganda oleh permainan Persib dan kehadiran Bobotoh. Tapi ia mengingatkan para pemainnya untuk fokus menjalankan skema permainan. Jangan sampai ada kelengahan selama laga berlangsung.

Saat disinggung beberapa pemain 'Maung Bandung' yang akan dirotasi oleh pelatih Djadjang Nurdjaman, ia menganggap hal itu bukan sebuah keuntungan. Kekuatan Persib dinilai tidak akan berubah meski terjadi rotasi. "Persib itu kan pemain pelapis atau bukan kan sejajar (kualitasnya). Jadi kalau Pak Djadjang merotasi itu masuk akal sekali karena pemain Persib semuanya bintang, tidak ada perbedaan yang besar, hanya tipis-tipis saja antara cadangan dan inti," tutur Timo.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6522 seconds (0.1#10.140)