Victor Hermans Berlakukan Rotasi Pemain

Kamis, 02 Maret 2017 - 15:13 WIB
Victor Hermans Berlakukan Rotasi Pemain
Victor Hermans Berlakukan Rotasi Pemain
A A A
YOGYAKARTA - Pelatih kepala Tim Nasional (Timnas) Futsal U-20 Indonesia Victor J Hermans terus menguji pemainnya pada hari ketiga Seleksi Tahap I. Itu dilakukan dengan banyak melakukan rotasi saat latihan di GOR Amongrogo Yogyakarta, Kamis (2/3/2017).

Pelatih asal Belanda itu terlihat memainkan wakil APK Samarinda, M Arjuna Rinaldi diberbagai posisi seperti anchor, flank, terakhir pivot. Begitu pula pemain APK lainnya, Guntur Sulistiyo Ari Wibobo dari posisi anchor kemudian berubah menjadi flank.

Menurut nakhoda berusia 63 tahun itu kualitas permainan peserta seleksi kian membaik seiring adanya perubahan posisi. Upaya itu dilakukan tidak lepas untuk menggali lebih dalam kemampuan pemain yang cocok ditempatkan dibeberapa posisi.

“Memang dari kemarin (1/3/2017) ada beberapa perubahan seperti Arjuna yang kemudian ditempatkan di pivot. Melihat kualitas pemain itu lebih baik di depan. Lalu Guntur di flank kanan, jadi tergantung kebutuhan tim nanti dimana,” ujar Victor.

Namun, Victor tetap menekankan kepada pemain agar lebih mendalami posisi awal, dan posisi lainnya supaya tidak canggung ketika terjadi rotasi. Saat latihan, sosok yang akrab disapa Vic itu membahas koordinasi tim, strategi ketika membawa bola maupun saat menyerang.

Semua itu kemudian diaplikasikan secara menyeluruh pada 'pertandingan internal' yang berlangsung pada siang hari. Di sesi itu, akan diumumkan pula 18 pemain yang lolos seleksi awal, dari total 22 pemain yang ada.

“Ya, sudah ada sekitar empat pemain (yang akan dicoret). Kami masih akan lihat setengahnya lagi. Nanti (Kamis, 2/3/2017) kami beritahukan setelah latihan siang hari,” kata pelatih yang sempat membesut Thailand itu.

Victor menjelaskan meski dicoret, empat pemain itu tetap masuk 'standby list' utama jika nanti ada yang cedera atau mendapat masalah lainnya. Selain itu pemain yang tidak fit 100% bisa ikut terlempar dari skuat. Artinya, dua pemain flank yakni Ardiansyah dari Black Steel, dan Sauqy Saud Lubis dari Mataram FC terancam tidak lolos seleksi.

Kemungkinan itu ada karena Ardiansyah masih memulihkan cedera paha akibat kompetisi di Lampung, dan Sauqy Saud dihantam cedera hamstring. Faktanya, mereka berdua tidak ikut bergabung dalam latihan hari ketiga dan hanya duduk di pinggir lapangan.

Dari 22 pemain yang ikut seleksi, ada delapan flank, tujuh anchor, tiga pivot, dan empat kiper. Melimpahnya flank atau pemain sayap berpotensi banyak dikurangi Victor. Begitu pula dengan anchor. Untuk pivot justru mungkin akan ada penambahan lantaran minim stok.

“Sedikitnya butuh empat sampai lima pemain disetiap posisi. Mungkin akan ambil lagi dari turnamen (FFI U-20 Futsal Championship 2017) di Jakarta (pada 25-31 Maret 2017) untuk lengkapi itu,” pungkas Victor.

Daftar 22 pemain Seleksi Tahap I
Kiper
Kennet Erikson (Permata Indah FM)
Muhammad Nasrullah (AFP Kaltim)
Riyandika Darmawan (IPC Pelindo II)
Ray Mahayasa (AFP Sumbar)

Flank
R Hasriyanoor Hanafi (Kancil BBK)
Rizky Ardiansyah (BJL 2000)
Ardiansyah (Black Steel)
Aswandanu Bagas W (SFC Planet)
Yudi Priyatna Utama (Kancil BBK)
Sauqy Saud Lubis (Mataram FC)
Febriand Alfindrio (Kamiada FC)
Rama Ramdhani (APK)

Anchor
M Arjuna Rinaldi (APK)
Rio Pangestu Putra (APK)
Guntur Sulistiyo Ari Wibobo (APK)
Yofan Adi Pratama (Giga FC)
Ardiansyah Nur (Antam FC)
Aditya Mohammad Rasyid (Biangbola FC)
Ramdhan Jamaluddin (Permata Indah FM)

Pivot
Faishal Ammar (APK)
Anton Cahyo Nugroho (BJL 2000)
Samuel Eko Putra T (Kancil BBK)
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6502 seconds (0.1#10.140)