11 Fakta Menarik di Babak 16 Besar Liga Champions

Kamis, 16 Maret 2017 - 08:49 WIB
11 Fakta Menarik di Babak 16 Besar Liga Champions
11 Fakta Menarik di Babak 16 Besar Liga Champions
A A A
JAKARTA - Liga Champions Eropa telah melewati babak 16 besar. Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Leicester City, AS Monaco, Juventus, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund merupakan tim-tim yang berjaya hingga melanjutkan eksistensinya ke babak perempat final.

Di fase 16 besar yang baru saja berlalu, tersaji sejumlah fakta menarik yang sayang untuk dilewati. Berikut Sindonews rangkum 11 fakta menarik babak 16 besar Liga Champions: (Baca Juga: Hasil Leg Kedua 16 Besar Liga Champions
1. Real Madrid dan Bayern Muenchen menorehkan kemenangan kembar di babak 16 besar. Menghadapi Napoli dalam laga kandang dan tandang, Madrid selalu menang 3-1. Sementara itu Muenchen menang 5-1 atas Arsenal baik saat bermain di rumahnya maupun di markas lawan.

2. Keajaiban menaungi Lionel Messi dan kawan-kawan. Di babak 16 besar, mereka berhasil membalikkan keunggulan aggregat dari Paris Saint Germain (PSG). El Barca lolos ke perempat final usai unggul aggregat 6-5 (pada leg pertama Barcelona kalah 0-4). Ini jadi comeback terbesar sepanjang sejarah Liga Champions.

3. Selain Barcelona, keajaiban juga menghampiri AS Monaco. Pada leg pertama, mereka kalah 3-5 dari Manchester City. Namun secara dramatis, Monaco dapat memenangkan leg kedua dengan skor 3-1. Secara aggregat, kedua tim imbang 6-6. Namun Monaco lebih berhak lolos ke tahap perempat final sebab mereka unggul dalam hal produktivitas gol tandang. (Baca Juga: Tragis, Gol Tandang Monaco Singkirkan Man City
4. Juventus masih tercatat sebagai tim yang minim kebobolan di Liga Champions musim ini. Hingga memastikan tiket perempat final, I Bianconeri baru kemasukan dua gol. (Baca Juga: Juventus Usir Porto dari Liga Champions
5. Sebaliknya, Barcelona jadi tim tersubur sejak babak penyisihan grup Liga Champions. Setelah melakoni delapan pertandingan, tim asuhan Luis Enrique telah mengemas 26 gol.

6. Sejauh ini Lionel Messi masih memuncaki daftar topskor Liga Champions musim 2016/2017. Hingga babak 16 besar, Messi sudah membukukan 11 gol.

7. Sepanjang babak 16 besar tercipta 62 gol.

8. Sepanjang sejarah Liga Champions, Manchester City jadi tim perdana yang gugur setelah mencetak lima gol pada leg pertama.

9. Hasil buruk juga didapat pelatih City, Josep Guardiola. Sepanjang karier kepelatihannya, ini kali pertama dirinya tersingkir di babak 16 besar.

10. Leicester City lolos ke perempat final untuk pertama kalinya. (Baca Juga: Leicester City Wakil Pertama Inggris di Perempat Final Liga Champions
11. Spanyol paling banyak mengirim wakil ke babak perempat final (Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid). Di posisi kedua ada Jerman yang memiliki dua kontestan (Bayern Muenchen, Borussia Dortmund). Tiga tim lainnya berasal dari Inggris (Leicester City), Prancis (AS Monaco) dan Italia (Juventus).
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9478 seconds (0.1#10.140)