Tontowi/Liliyana Bicara Roda Regenerasi Ganda Campuran

Sabtu, 08 April 2017 - 15:03 WIB
Tontowi/Liliyana Bicara Roda Regenerasi Ganda Campuran
Tontowi/Liliyana Bicara Roda Regenerasi Ganda Campuran
A A A
KUCHING - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mengukir sejarah besar di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Ganda campuran andalan Indonesia ini menjadi pahlawan tim Merah Putih dengan mempersembahkan satu-satunya medali emas.

Pasca Rio, PP PBSI melakukan perombakan dengan mengganti pasangan, seperti yang dialami Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Anehnya, hal itu justru tidak berlaku pada Tontowi/Liliyana yang hingga saat ini masih berduet.

Sekarang Tontowi/Liliyana mengaku hanya lebih menikmati permainan mereka di lapangan. "Memang sekarang kami merasa lebih enjoy di lapangan. Dulu kan setiap bertanding itu fokusnya olimpiade, kami tidak mau hasilnya jelek di olimpiade. Kami mau peak performance kami ada di olimpiade. Sekarang emas olimpiade sudah dapat, bukan berarti kami kendor. Tetapi hanya mencoba untuk rileks dan menikmati pertandingan kami, yang paling penting target utama sudah dapat," jelas Liliyana seperti dikutip Badmintonindonesia, Sabtu (8/4/2017).

Meskipun masih menikmati perannya sebagai ganda campuran terbaik Indonesia yang menjadi andalan di setiap kejuaraan bergengsi, pasangan yang berhasil mencetak hattrick di All England pada 2012, 2013, dan 2014 itu berharap ada pemain pelapis yang mengiringi mereka, demi berjalannya roda regenerasi di sektor ganda campuran.

"Kami sih inginnya pemain pelapis juga bantu, ada yang naik (level). Saya yakin mereka juga mau, tetapi mereka butuh kesabaran, ketekunan dan kerja keras yang lebih lagi untuk mengejar ke level atas," pungkas Liliyana.

Enggak Capek Jadi Andalan
Jauh sebelum mengukir sejarah di Olimpiade Rio de Janeiro, Tontowi/Liliyana memang sudah menjadi andalan tim Indonesia di setiap turnamen bergengsi. Lalu apakah mereka merasa lelah bermain bersama di setiap turnamen?

Tontowi menjawab tentunya tidak. Tapi yang harus dipikirkan adalah bagaimana prospek regenerasi berjalan dengan baik, karena tidak mungkin dirinya akan terus bermain.

"Kami tidak capek sih jadi andalan terus, sampai empat tahun lagi kalau bisa jadi andalan terus juga tidak apa-apa. Tetapi kan perlu ada regerasi juga," kata Tontowi sambil tersenyum.

Baca juga:
Tontowi/Liliyana Keluhkan Jadwal Pertandingan yang Mepet
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4382 seconds (0.1#10.140)