Pensiunan F1 dan Juara WRC Kembali Jajal Mobil Jet Darat

Selasa, 06 Juni 2017 - 15:07 WIB
Pensiunan F1 dan Juara WRC Kembali Jajal Mobil Jet Darat
Pensiunan F1 dan Juara WRC Kembali Jajal Mobil Jet Darat
A A A
VALENCIA - Pemenang seri F1 GP Kanada 2008 plus peraih 12 podium yang pernah memperkuat tim BMW dan Sauber, Robert Kubica, akan menjalani tes Formula 1 untuk kali pertama sejak pensiun dari balapan Grand Prix pada tahun 2011.

Ya, pembalap Polandia itu terakhir kali menguji coba mobil F1 pada sesi tes resmi di sirkuit Ricardo Tormo pada bulan Februari 2011 – hanya beberapa hari sebelum ia mengalami kecelakaan reli di Andorra yang mengakhiri kariernya sebagai pembalap 'jet darat'.

Seperti dilaporkan oleh Motorsport. Sejak tahun lalu, Kubica telah kembali tampil di balapan sirkuit, meski baru bersifat tentatif. Beberapa bulan terakhir, ia disibukkan dengan sesi uji coba. Beberapa diantaranya adalah mengemudikan mobil GP3 di sirkuit Franciacorta, Italia, mobil Formula E di Donington Park, dan mobil Dallara LMP2 milik tim SMP Racing di Monza.

Kubica juga sempat masuk dalam susunan pembalap FIA World Endurance Championship di tim LMP1 ByKolles. Tapi hanya beberapa hari sebelum seri pembuka di Silverstone, ia memutuskan hengkang dari tim asal Austria tersebut.
Robert Kubica akan menjajal mobil F1 lagi di sirkuit Valencia. (Foto-planetf1)
Beberapa tahun terakhir, pembalap 32 tahun asal Polandia itu sibuk di Kejuaraan Reli Dunia (WRC). Ia sempat finis sebagai juara umum kategori WRC2 pada 2013.

Pada hari Selasa (6/6), Kubica akan turut hadir di Valencia bersama pembalap tes Renault F1, Sergey Sirotkin. Keduanya akan mengemudikan mobil eksibisi Renault, yakni sasis Lotus E20 dari musim 2012.

Sebelumnya, mobil tersebut sudah pernah dikendarai pembalap junior Renault dan pembalap F2, Nicholas Latifi di Silverstone. Adapun masih belum diketahui, apa dampak dari hasil tes F1 Kubica di Valencia ini. Bisa jadi kalau hasilnya kompetitif dengan para pembalap F1 2017, ia dapat kesempatan wild card.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6724 seconds (0.1#10.140)