Duel Spanyol v Portugal paling banyak ditonton

Jum'at, 29 Juni 2012 - 06:04 WIB
Duel Spanyol v Portugal paling banyak ditonton
Duel Spanyol v Portugal paling banyak ditonton
A A A
Sindonews.com - Laga semifinal Piala Eropa 2012 antara Spanyol kontra Portugal mungkin terasa agak hambar. Namun, laga tersebut mampu menarik perhatian jutaan pasang mata di seluruh dunia.

Laga yang berlangsung di Donbass Arena, Donetsk, Ukraina itu menghabiskan waktu 120 menit. Kemenangan ditentukan lewat adu penalti di mana La Furia Roja –julukan Spanyolkeluar sebagai pemenang dengan skor 4-2. Berkat hasil itu, armada Vicente del Bosque itu melangkah ke final untuk ketiga kalinya secara beruntun. Menariknya, pertandingan itu tetap menarik perhatian banyak orang. Sebanyak 18 juta gila bola menyaksikan laga tersebut lewat layar kaca.

Penyumbang terbanyak tentu berasal dari Spanyol. Menariknya, mayoritas penonton terus menyaksikan laga hingga usai.Terbukti, sebanyak 83,3% pemirsa ikut menyimak jalannya adu penalti. Ini menjadi rekor tersendiri dalam pertandingan yang melibatkan Spanyol.

Jika dirunut, hanya sebanyak 14.182 juta atau 75,6% penonton menyaksikan laga selama 90 menit. Lalu, ketika memasuki perpanjangan waktu, jumlahnya bertambah menjadi 16.485 juta orang atau 77,1%.

Puncaknya saat adu penalti. “Pada 13 menit pertama sejak dimulainya drama adu penalti, tercatat disaksikan sedikitnya 18,141 orang. Itu merupakan 83,3% dari penonton yang melihat pertandingan sejak awal. Ini merupakan acara yang paling banyak di saksikan, khususnya sepanjang sejarah Spanyol,” demikian pernyataan Kantar Media Figures, dikutip situs resmi UEFA.

Analisis itu dibenarkan Barlovento Comunicacion yang bertugas sebagai konsultan televisi dan audiensi. Mereka menyatakan terjadi lonjakan penonton saat Spanyol melawan Portugal. Ini bahkan melebihi jumlah penonton saat Spanyol mengalahkan Belanda 1-0 di final Piala Dunia 2010.

Barlovento Comunicacion membeberkan, puncak rating tertinggi atau jumlah penonton terbanyak terjadi eksekusi penalti terakhir, yaitu ketika Cesc Fabregas melaksanakan tugasnya sebagai algojo yang membuat Negeri Matador sukses melangkah ke final.

''Itu menjadi momen paling banyak disaksikan dalam sejarah pertelevisian Spanyol. Sebab, saat itulah Spanyol memastikan diri melangkah ke partai final untuk ketiga kalinya secara beruntun setelah Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010,” kata Barlovento Comunicacion.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6598 seconds (0.1#10.140)