Gara-gara Suzuka 8 Hours, Dua Tim WSBK Absen Tes Musim Panas

Sabtu, 22 Juli 2017 - 06:00 WIB
Gara-gara Suzuka 8 Hours, Dua Tim WSBK Absen Tes Musim Panas
Gara-gara Suzuka 8 Hours, Dua Tim WSBK Absen Tes Musim Panas
A A A
LAUSITZ - Sebelum beraksi pada ronde ke-9 Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) 2017 di EuroSpeedway Lausitz, Jerman, 19-20 Agustus mendatang. Para pembalap kelas utama kebagian mencicipi aspal lintasan.

Ya, walau tengah menikmati libur musim panas. Rupanya raungan mesin motor 1.000cc di Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) 2017 tetap terjadi.

Itu karena Dorna Sports selaku pengelola WSBK 2017, akan mengadakan sesi pengujian di EuroSpeedway Lausitz, Jerman. Waktunya adalah pada Selasa-Rabu (25-26 Juli) mendatang.

Pengujian ini sendiri merupakan pemanasan bagi para pembalap dan tim yang akan mampir ke sirkuit yang sama. Yakni sebagai modal buat melakoni ronde ke-9 musim ini, WSBK Jerman 2017, pada 19-20 Agustus mendatang.
Jonathan Rea (Kawasaki Racing) di WSBK Amerika Serikat 2017 Sirkuit Laguna Seca. (Foto-crash.net)
Jonathan Rea yang memimpin klasemen sementara dengan 341 poin, dipastikan ikut serta dalam tes musim panas di EuroSpeedway, Lausitz, Jerman, untuk tetap tajam bersama motor ZX-10RR. Pun dengan rekan setimnya di Kawasaki Racing, Tom Sykes, yang notabene berada di peringkat kedua klasemen dengan 282 poin.

Selain mereka ada pesaing terdekat musim ini, tim Aruba.it Ducati. Mereka datang dengan motor Ducati Paginale R bersama Chaz Davies (peringkat tiga klasemen/226 poin) serta Marco Melandri (peringkat empat klasemen/189 poin).

Selain itu hadir pula Aprilia dengan line up pembalap lengkap, Eugene Laverty dan Lorenzo Savadori. Juga datang MV Agusta bersama Leon Camier yang sedang jadi properti panas di bursa pembalap WSBK 2018.

Tapi sayangnya tes ini tidak diikuti oleh seluruh tim pabrikan. Karena Yamaha dan Honda bakal absen.

Pada lomba yang sebenarnya nanti, kerugian dipastikan bakal dialami Yamaha dan Honda karena tidak mengikuti tes ini. Namun mereka sudah lebih dulu izin tak bisa hadir, karena memiliki komitmen yang tak kalah penting beberapa hari pasca tes di Lausitz.

Yaitu telah berkomitmen tampil di lomba balap motor ketahanan Suzuka 8 Hours 2017 di Jepang, Minggu (30/7). Ajang ini sekaligus menutup lomba balap motor ketahanan dunia tahun 2017.

Jadi pengujian tengah musim WSBK 2017 di EuroSpeedway, Lausitz, Jerman nanti, tidak akan diikuti oleh dua pembalap tim Yamaha, Alex Lowes serta Michael van der Mark. Mereka akan bahu membahu bersama pembalap penguji tim Yamaha Factory Racing MotoGP, Katsuyuki Nakasuga, untuk mempertahankan gelar di Suzuka 8 Hours yang direbut tahun lalu.

Sedangkan tim Honda WSBK akan menurunkan Stefan Bradl di Suzuka 8 Hours 2017, sekaligus membuat pembalap Jerman itu tak bisa hadir di tes musim panas WSBK musim ini.

Adapun di tes musim panas WSBK 2017 Lausitz, akan tampil pula BMW dengan motor 1000RR mereka yang digeber Jordi Torres. Sementara Raffaele De Rosa mengikuti Bradl, Lowes, serta van der Mark untuk bertarung di Suzuka 8 Hours 2017.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6009 seconds (0.1#10.140)