GPN 2017 Edisi Bali Didominasi Anak-anak

Sabtu, 29 Juli 2017 - 13:29 WIB
GPN 2017 Edisi Bali Didominasi Anak-anak
GPN 2017 Edisi Bali Didominasi Anak-anak
A A A
DENPASAR - Lebih dari 1.500 peserta memadati Lapangan Lumintang, Denpasar, Bali, Sabtu (29/7/2017). Kedatangan ribuan peserta itu untuk mengikuti Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 yang merupakan salah satu program unggulan Kemenpora dibawah kemimpinan Menpora Imam Nahrawi dalam upayanya untuk terus memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah bersama Sekretaris Daerah Pemkot Denpasar Ngurah Rai Iswara yang mewakili Walikota Denpasar I. B. Rai D. Mantra melepas ribuan peserta di lapangan yang juga merupakan taman lalu lintas kota Denpasar itu. Para peserta akan mengayuh sepeda sejauh delapan kilometer dengan mengelilingi kota Denpasar.

Sebelum melakukan start, Ngurah Rai Iswara menyerahkan tanah dan air kota Denpasar kepada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda untuk dibawa ke Magelang, dijadikan satu dengan daerah lainnya terkait pembuatan monumen Tanah dan Air Nusantara di kawasan Gunung Tidar, Jawa tengah.

Guna lebih menyemarakkan kegiatan, pemerintah setempat mengerahkan anak sekolah dasar dengan peran yang berbeda-beda. Ada yang bergowes mengelilingi kota Denpasar, mengikuti yoga massal disela-sela Gowes Pesona Nusantara atau melakukan aktivitas olahraga lainnya dilokasi acara.

Gowes Pesona Nusantara ini merupakan bagian dari pembudayaan masyarakat untuk memiliki gaya hidup sehat, bugar dan ceria. Pasalnya, dari indeks tingkat kebugaran 67 persen, saat ini masyarakat Indonesia belum mencapai 30 persen di antaranya. Oleh karena itu, kegiatan ini dirasa penting untuk menyadarkan dan mengajak masyarakat Indonesia untuk terus giat berolahraga.

"Masyarakat kota Denpasar sangat antusias mengikuti Gowes Pesona Nusantara ini. Hal tersebut terlihat sejak subuh tadi berbondong-bondong telah menuju lapangan Lumintang meski hari ini bukan hari libur," jelas Faisal Abdullah dalam pernyataan resmi yang diterima SINDOnews.

Gowes Pesona Nusantara edisi Denpasar, 60% didominasi anak-anak. Diakui Faisal Abdullah, ini menjadi gambaran bahwa Indonesia, khususnya kota Denpasar memiliki bibit-bibit olahragawan yang bagus. "Saya kira dengan banyaknya anak-anak yang berpartisipasi dalam Gowes Pesona Nusantara di Denpasar ini menunjukkan bahwa daerah ini memiliki potensi besar melahirkan olahragawan-olahragawan masa depan bagi bangsa ini," tutur Faisal Abdullah.

Sementara itu, Kadispora kota Denpasar, Bali, Drs. I Wayan Gunawan mengatakan bahwa masyarakat setempat sudah menyadari betapa pentingnya berolahraga dalam kehidupannya disaat kesibukan beraktivitas lain sehari-harinya. "Saya sependapat dengan Prof. Faisal terkait keantusiasmean warga kota Denpasar akan perhelatan ini. Ini menandakan bahwa olahraga Denpasar sudah menjadi sebuah kebutuhan, karena kehidupan yang cukup sibuk kesehariannya, masyarakat menyadari bahwa kehidupan mereka harus seimbang, salahsatu caranya dengan berolahraga," tutur I Wayan Gunawan.

Lantas kenapa lapangan Lumintang yang dipilih untuk kegiatan Gowes Pesona Nusantara edisi Denpasar ini. I Wayan Gunawan mengatakan bahwa pihaknya ingin Lumintang lebih dikenal masyarakatnya sendiri sebagai fasilitas olahraga dan rekreasi kota Denpasar.

"Lapangan Lumintang merupakan lokasi atlternatif bagi masyarakat Denpasar untuk melakukan aktivitas olahraga. Kami terus mengenalkan fasilitas yang ada disini kepada masyarakat kita sendiri, sekaligus penyadaran bagi masyarakat bahwa olahraga bagian penting menuju hidup sehat, disamping meningkatkan rasa nasionalisme dari segi kebhinekaan melalui perhelatan ini," pungkasnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5316 seconds (0.1#10.140)