Demi Kebaikan Sepak Bola Indonesia, Menpora: PSSI Harus Tegas

Sabtu, 29 Juli 2017 - 18:27 WIB
Demi Kebaikan Sepak Bola Indonesia, Menpora: PSSI Harus Tegas
Demi Kebaikan Sepak Bola Indonesia, Menpora: PSSI Harus Tegas
A A A
JAKARTA - Sepak bola tanpa fanatisme penggemar akan terasa hambar. Tapi fanatisme yang berlebihan bisa menyebabkan bisa menyebabkan korban jiwa.

Ricko Andrean Maulana misalnya. Penggemar Persib Bandung ini menjadi korban kekerasan oknum Bobotoh saat pertandingan Persib kontra Persija Jakarta, akhir pekan lalu. Setelah mendapatkan perawatan secara intensif di rumah sakit, pria asal Cicadas meninggal dunia pada Kamis (27/7/2017).

Menpora Imam Nahrawi mendesak PSSI untuk bersikap tegas terkait masalah ini. "Saya juga ingin PSSI harus tegas dan melakukan terobosan baru untuk kebaikan sepak bola Indonesia baik untuk klub atau suporter," kata Menpora seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora, Sabtu (29/7/2017).

Menpora menambahkan kematian suporter di Indonesia sudah sering terjadi dan sampai sekarang perdamaian suporter tidak pernah terjadi. Oleh karena itu, politikus partai PKB itu berencana menggelar Islah Nasional Suporter Indonesia.

Pada acara tersebut akan dilakukan diskusi bersama untuk mendengarkan semua keluhan atau masalah yang melanda suporter Indonesia. Beberapa ketua suporter sebenarnya sudah ada yang memberikan contoh baik seperti yang dilakukan Ketua Umum Jackmania Fery Indra Syarif dengan Ketua Viking Heru Joko untuk menjenguk Ricko Andrean.

Namun bagi Menpora itu saja belum cukup, pemerintah menurutnya akan berperan besar dan ikut bertanggung jawab dengan kejadian-kejadian ini agar tidak terulang lagi. "Kejadian yang menimpa sahabat kita almarhum Ricko Andrean Maulana ini harus menjadi yang terakhir, tidak boleh ada kembali korban atau jatuh nyawa yang sia-sia. Cukuplah sahabat kita ini menjadi saksi bahwa sepak bola dan suporter tanah air harus bersatu padu. Tidak boleh hanya semata-mata emosi dan dendam terus jatuh korban, sepak bola harus menjadi pemersatu bangsa," tegas Menpora.

"Di acara tersebut semua komponen sepak bola Indonesia akan terlibat, mulai dari PSSI, seluruh Klub, pimpinan Suporter, pihak Kepolisian atau siapapun harus hadir di acara ini. Di situ nanti akan kita lakukan diskusi dari semua pihak yang nanti hasilnya akan berbuah komitmen bersama yang disepakati dan ditandatangani. Sebisa mungkin minggu depan akan terlaksana," kata Menpora.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8380 seconds (0.1#10.140)