Polisi Belum Terbitkan Izin Laga Persib vs PS TNI

Kamis, 03 Agustus 2017 - 16:32 WIB
Polisi Belum Terbitkan Izin Laga Persib vs PS TNI
Polisi Belum Terbitkan Izin Laga Persib vs PS TNI
A A A
BANDUNG - Pelaksanaan pertandingan sepak bola kompetisi Liga I 2017 antara Persib Bandung melawan PS TNI, Sabtu (5/8/2017) di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung terganjal perizinan. Sampai saat ini, Polda Jabar menerbitkan izin pelaksanaan laga kandang tersebut.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, belum terbitnya izin tersebut berkaitan dengan kerusuhan pertandingan sebelumnya saat Persib melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung.

Akibat kerusuhan itu, Komisi Disiplin PSSI memberikan hukuman terhadap Persib melalui surat PSSI Nomor: 060/L1/SK/KD-PSSI-7-2017 yang isinya, supporter Persib Bandung atau bobotoh dihukum larangan memasuki stadion sebanyak lima kali pertandingan.

Kemudian surat dari Liga Indonesia baru Nomor: 220/LAIN/8/17 yang isinya menyebutkan bahwa selama masa hukuman dapat dihadiri oleh penonton namun tidak diperbolehkan untuk supporter Persib Bandung yang menggunakan atribut klub Persib Bandung memasuki stadion.

Surat dari Kepala UPT Stadion si Jalak Harupat Nomor: 426/122/UPT/2017, yang menyatakan bahwa Stadion si Jalak Harupat tidak bisa dipakai sampai dengan tanggal 6 Agustus 2017 karena dalam tahap pemeliharaan.

Tindakan selanjutnya Komdis PSSI mengirim surat kepada PSSI untuk kejelasan tentang hal tersebut di atas dan mengundang Panpel Persib Bandung serta pihak PSSI untuk memberikan penjelasan tentang hal tersebut di atas.

Beredar informasi di media sosial mengenai kontroversi seputar sanksi Komisi Disiplin PSSI untuk Persib Bandung yang menyatakan bahwa Sekjen PSSI memastikan sanksi menggelar pertandingan kandang tanpa penonton tetap berlaku. Namun dalam postingan di media sosial Persib Bandung menyatakan tetap membuka penjualan tiket untuk penonton yang ingin menyaksikan Persib vs PS TNI di Jalak Harupat.

"Kondisi tersebut akan memicu kerawanan keamanan saat pertandingan berlangsung, sehingga Polres Bandung belum mengeluarkan surat izin rekomendasi pertandingan sebelum ada kejelasan dari PSSI tentang hukuman tersebut. Apakah supporter boleh memasuki stadion atau tidak. Karena itu, Polda Jabar juga belum mengeluarkan izin pertandingan," kata Yusri, Kamis (3/8/2017).

Media Officer Persib Bandung Irfan Suryadireja mengatakan, sanksi Komdis PSSI hanya melarang bobotoh untuk menonton pertandingan Persib di stadion. Namun, PSSI mengizinkan pertandingan Persib ditonton oleh masyarakat. "Jadi tiket yang dijual hari ini (Kamis 3/8/2017) untuk masyarakat," kata Irfan.

Disinggung soal perizinan yang belum dikeluarkan oleh Polres Bandung dan Polda Jabar, dia menegaskan, panitia pelaksana pertandingan masih mengurus izin tersebut. "Masih terus diurus agar izin segera keluar," tegas Irfan.
(kas)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6157 seconds (0.1#10.140)