Menpora Pimpin Etape Keenam GPN di Rangkasbitung

Sabtu, 05 Agustus 2017 - 13:35 WIB
Menpora Pimpin Etape Keenam GPN di Rangkasbitung
Menpora Pimpin Etape Keenam GPN di Rangkasbitung
A A A
RANGKASBITUNG - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memimpin langsung etape keenam Gowes Pesona Nusantara (GPN) di Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (5/8/2017) siang. Rute sejauh 40 kilometer ditempuh Imam bersama 15 pegowes yang sudah lebih dulu mengayuh sepeda mereka dari titik nol di Kota Sabang, Aceh, Mei 2017 lalu.

Menpora Imam Nahrawi mulai mengayuh sepedanya di Alun-Alun Kota Rangkasbitung bersama Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya. Sebelum bendera start dikibarkan, Menpora dan perwakilan pegowes diterima secara adat dan diberikan sekantong tanah dan air yang diambil langsung dari Provinsi Banten.

Iti Octavia dalam sambutannya mengatakan bahwa tanah dan air tersebut tidak sembarangan diambil. Melalui upacara adat, dia berharap 15 pegowes di GPN 2017 dapat menghimpunnya menjadi satu untuk membangun monumen pemersatu bangsa.
Menpora Pimpin Etape Keenam GPN di Rangkasbitung

"Suatu kebanggaan karena Lebak bisa menjadi tempat bagi event nasional seperti Gowes Pesona Nusantara. Kami berharap kegiatan ini dapat mendongkrak sektor pariwisata," kata Iti Octavia.

Imam mengatakan bahwa Lebak terpilih sebagai titik penyelenggaraan GPN 2017 -disamping 90 titik lain di Indonesia- lantaran kabupaten tersebut dianggap memiliki potensi besar melahirkan atlet-atlet nasional. Kepada wartawan, pria asal Bangkalan, Jawa Timur berharap Lebak juga berpartisipasi aktif dalam menyambut rencana pemerintah pusat menyelenggarakan Asian Games 2018.

"Lebak terpilih sebagai konsentrasi kegiatan GPN ini karena selain dilintasi para pegowes, Lebak ini titik terdekat dari Sumatera untuk dilalui para pegowes. Daerah ini juga punya potensi wisata yang masih bisa dikembangkan," ujar Imam.

Kegiatan Gowes Pesona Nusantara yang merupakan implementasi gerakan Ayo Olahraga juga diikuti berbagai elemen masyarakat pecinta olahraga bersepeda. Tak hanya itu, Imam juga menerjunkan pegowes-pegowes dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang sehari-hari menempuh perjalanan ke kantor mereka dengan menggunakan sepeda.
Menpora Pimpin Etape Keenam GPN di Rangkasbitung
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7007 seconds (0.1#10.140)