Maybank Bali Marathon 2017 Perkenalkan Konsep Baru

Jum'at, 11 Agustus 2017 - 13:07 WIB
Maybank Bali Marathon 2017 Perkenalkan Konsep Baru
Maybank Bali Marathon 2017 Perkenalkan Konsep Baru
A A A
JAKARTA - Sebanyak 9.000 peserta sudah mendaftar untuk mengikuti lomba lari Internasional Maybank Bali Marathon (MBM) 2017, pada Minggu (27/8/2017). Minat pelari luar negeri yang berasal dari Kenya, Ethiopia, Amerika Serikat, Eropa, Australia dan berbagai negara Asia lainnya masih besar untuk mengikuti acara yang memperebutkan total hadiah lebih dari Rp2 miliar bagi 86 pemenang.

Hadiah disediakan dalam denominasi Rupiah selaras dengan Peraturan Bank Indonesia No 17/3/PBI tentang kewajiban transaksi rupiah di wilayah negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dari 9.000 peserta, sekitar 2.500 peserta merupakan peserta kategori full marathon (FM-42,195 km). Lebih dari 200 peserta merupakan peserta luar negeri.

Sementara 3.500 peserta yang sudah mendaftar pada kategori half marathon (HM-21,0975 km) diantaranya 400 peserta berasal luar negeri. Selebihnya adalah peserta 10K dengan lebih dari 360 peserta merupakan peserta luar negeri.

Peserta meningkat 20% dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 7.500 peserta dimana seluruh slot publik telah terjual dalam waktu 3 (tiga) hari pertama dalam periode registrasi. Jumlah ini masih bertambah dengan peserta lomba lari anak (children sprint) sebanyak 52 peserta dan penyandang disabilitas sejauh 10K sebanyak 50 peserta.

Mengantisipasi meningkatnya peserta terutama untuk faktor kenyamanan dan keamanan, panitia telah mendesain pengadaan kantong-kantong barisan pelari dan mengatur urutan start berdasarkan kategori lomba dan juga catatan waktu terbaik (personal best-PB) peserta, sehingga peserta dengan PB tercepat akan berada di depan pelari dengan PB yang lebih lambat.

Jumlah marshal yang dikerahkan juga meningkat dua kali lipat, disertai jumlah barikade jalan yang lebih banyak. Kedua hal tersebut dilakukan karena karakteristik rute yang baru, dimana para pelari akan melewati beberapa pusat keramaian kota dan bukan hanya jalan-jalan kecil.

Pada MBM 2017, Maybank Indonesia melakukan sejumlah penyegaran untuk memberikan tantangan baru (new adventure) dan running experience yang lebih baik. Rute baru pada acara ini dengan menyusuri dua kabupaten yaitu Gianyar dan Klungkung, mulai dari rute 10K, HM hingga FM. Semuanya telah mendapatkan sertifikasi dan telah disahkan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS) dan International Association of Athletics Federations (IAAF).

Pengukuran rute dilakukan oleh International Measurement Administrator Dave Cundy, yang memiliki Grade A IAAF-AIMS course measurer. Cundy pula yang melakukan pengukuran rute MBM sebelumnya pada 2012, rute yang dipakai hingga penyelenggaraan 2016.

Race Pack Collection (RPC)


Berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, di mana pengambilan paket lomba (race pack collection-RPC) dilakukan di ruang tertutup. Pada MBM 2017 RPC dilakukan di suasana tepi pantai Bali yang indah di Taman Bhagawan (Tanjung Benoa), dan akan disemarakkan dengan berbagai aktivitas serta acara yang atraktif, yang dapat membuat liburan para pelari dan keluarganya di Bali lebih mengesankan.

Selain itu, seperti tahun lalu, aplikasi smartphone “Event Tracking” Maybank Bali Marathon dari MyLaps, aplikasi smartphone berbasis GPS (Android dan iOS), juga kembali digunakan. Aplikasi ini sangat membantu melakukan pemantauan lokasi pelari secara real time oleh penonton maupun peserta lainnya.

Penonton dapat memantau dimana para pelari berada dan dapat memilih tempat untuk memberikan semangat. Anggota keluarga dan teman juga dapat memperkirakan kapan pelari akan sampai pada garis finish.

"Dengan membawa sejumlah konsep baru, yang penuh penyegaran, baik dari segi rute, race pack collection, teknologi yang diterapkan serta dengan meningkatkan jumlah peserta, kami tetap berupaya menjaga kualitas lomba, dengan memprioritaskan segi keamanan dan kenyamanan bagi para peserta," kata Taswin Zakaria, Presiden Direktur Maybank Indonesia.

"Konsep baru dan penambahan slot juga membawa konsekuensi adanya sejumlah aturan main yang baru, yang perlu dipelajari dan dipatuhi oleh para pelari demi mendukung kelancaran lomba. Salah satunya, pengaturan di area start yang sekarang sudah membagi pelari dalam kategori berdasarkan personal best, sehingga yang cepat bisa berada di depan yang lambat dan diharapkan dapat memperlancar jalannya lomba," tambahnya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5500 seconds (0.1#10.140)