Lawan Betis, Barcelona Akan Terapkan Taktik False 9

Minggu, 20 Agustus 2017 - 17:20 WIB
Lawan Betis, Barcelona Akan Terapkan Taktik False 9
Lawan Betis, Barcelona Akan Terapkan Taktik False 9
A A A
BARCELONA - Barcelona akan mengawali kompetisi La Liga musim 2017/2018 dengan menjamu Real Betis di Stadion Camp Nou, Senin (21/8/2017) dini hari.

Barcelona yang tengah terpuruk setelah dikalahkan musuh bebuyutannya Real Madrid di ajang Piala Super Spanyol mencoba mencari cara untuk bisa bangkit kembali. Salah satu upaya mengembalikan kedigdayaan Barcelona adalah memenangkan laga perdana di La Liga.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengungkapkan akan melakukan perubahan taktik dan strategi untuk memperbaiki daya dobrak Barcelona musim ini.
Menghadapi Real Betis, Valverde mengaku akan mencoba menerapkan strategi false 9 dengan menjadikan Messi sebagai striker bayangan atau palsu.

Taktik tersebut sebenarnya pernah dilakoni El Barca di era Pep Guardiola. Dengan strategi tersebut, Messi yang semula jadi striker utama berubah jadi penyerang palsu dan bermain sedikit ke tengah.

Strategi tersebut sukses dijalankan Guardiola saat menghadapi Real Madrid musim 2009 di Santiago Bernabeu dengan kemenangan telak 6-2. Taktik tersebut terus diterapkan selama lima musim dan hasilnya sangat memuaskan.

Barcelona meraih banyak gelar dan ditakuti lawan. Namun, sejak dilatih Luis Enrique strategi yang kemudian dikenal dengan gaya tiki-taka itu ditinggalkan dan Messi kembali diposisikan sebagai penyerang sayap kanan.

Kini, opsi false 9 tampaknya akan kembali diterapkan Valverde untuk mengembalikan peran Messi yang sangat vital. Messi akan diposisikan sebagai striker bayangan seperti yang sudah dilakukannya selama lima tahun di era kepemimpinan Guardiola.

"Messi adalah pemain terpenting kami, dia pemain terbaik di dunia. Betapa beruntungnya kita, tapi kita harus saling membantu," kata Valverde.

Valverde sadar betul lawan yang akan dihadapinya nanti bukan tim sembarangan. Real Betis kerap menyulitkan saat menghadapi tim-tim besar. Terlebih, sejumlah pemain pilar El Barca akan absen akibat dihantam cedera.

Kapten yang juga gelandang sarat pengalaman Andres Iniesta belum sembuh dari cedera. Begitu pun dengan Luis Suarez yang harus menepi empat pekan akibat cedera lutut.

"Iniesta tidak berlatih, Paulinho sudah berlatih kemarin tapi masih awal untuknya. Anda harus terbiasa dengan kehilangan pemain penting atau cedera dengan cepat, tapi saya jelas dalam gaya kami. Kami ingin mendominasi permainan dari menit pertama sampai saat terakhir, sementara bersikap agresif, tapi kami harus menyesuaikan diri dengan saat ini," tandas Valverde.
(kas)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6384 seconds (0.1#10.140)