Ribuan Pegowes Istirahat di Area Makam Gus Dur

Minggu, 20 Agustus 2017 - 17:24 WIB
Ribuan Pegowes Istirahat di Area Makam Gus Dur
Ribuan Pegowes Istirahat di Area Makam Gus Dur
A A A
JOMBANG - Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 edisi Jombang agak sedikit berbeda dengan sebelumnya. Karena ribuan peserta yang turut memeriahkan acara ini diberi kesempatan untuk beristirahat di Makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Minggu (20/8/2017).

Sebelum etape dimulai, tanah yang diambil dari area pemakaman Gus Dur dan air dari Sendang Made diserahkan oleh Cak Besut dan Ning Roesmini ke Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko. Selanjutnya tanah dan air tersebut diserahkan ke Teguh Raharjo selaku perwakilan dari Kemenpora.

Menyinggung soal pengambilan tanah dan air dari 90 kota/kabupaten, ini dimaksudkan agar rasa persatuan dan kesatuan dari bangsa Indonesia semakin kuat. Ketika pegowes berada di makam Gus Dur, dilakukan penanaman 10 pohon kelapa. Pemilihan pohon kelapa karena pohon yang satu ini bisa dimanfaatkan semuanya. Mulai dari buah, pelepah, sabut dan lainnya.

Mewakili Menpora, Teguh Raharjo melakukan penanaman pohon kelapa yang pertama, disusul oleh Kadispora Jombang, Danramil serta pejabat setempat lainnya. Setelah beristirahat sekitar 1 jam, GPN edisi Jombang kembali dilanjutkan menuju garis finish, kembali ke alun-alun kota Jombang untuk mengikuti pembagian door prize.

Adapun door prize yang telah disiapkan mulai dari kipas angin hingga sepeda motor. Nyono Suharli mengaku sangat terhormat atas kepercayaan Kemenpora menjadikan Jombang sebagai salah satu kabupaten pelaksana GPN 2017.

"Masyarakat Jombang sudah sangat cinta olahraga. Dengan adanya program Gowes Pesona Nusantara, warga Jombang akan semakin cinta olahraga. Kami juga sangat merasa bangga karena tanah dan air dari Jombang ikut diambil untuk nantinya disatukan dengan tanah dan air dari 89 kabupaten kota yang lain pada 9 September di Magelang, bertepatan dengan peringatan Haornas 2017," kata Bupati Jombang, Nyono Suharli dalam pernyataan resmi yang diterima SINDOnews.

Sementara itu Teguh Rahardjo menambahkan, melalui acara GPN ini, diharapkan warga Jombang menjadi makin sehat. "Saat ini presentasi masyarakat Indonesia dalam berolahraga masih di bawah 20 persen. Mudah-mudahan dengan adanya program Ayo Olahraga dari Kemenpora, masyakarat Jombang akan makin cinta berolahraga. Rencananya, Presiden Jokowi di akhir tahun akan mencanangkan Hari Bersepeda Nasional," timpal Teguh.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5601 seconds (0.1#10.140)