Preview Indonesia vs Vietnam: Tanpa Evan, Milla Maksimalkan Sayap

Selasa, 22 Agustus 2017 - 16:20 WIB
Preview Indonesia vs...
Preview Indonesia vs Vietnam: Tanpa Evan, Milla Maksimalkan Sayap
A A A
KUALA LUMPUR - Tim nasional (timnas) Indonesia U-22 akan melakoni laga krusial penyisihan Grup B cabang olahraga SEA Games 2017 kontra Vietnam. Bertarung di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Selangor, Selasa (22/8/2017) mulai pukul 19.45 WIB, Garuda Muda dalam optimisme tinggi kendati tidak diperkuat Evan Dimas.

Asisten pelatih timnas U-22 Merah Putih Bima Sakti menegaskan kesiapan timnya menghadapi Vietnam. Namun, Pasukan Luis Milla juga waspada lantaran Vietnam meraup hasil sempurna, atau selalu menang dalam tiga laga yang sudah dimainkan. Sedangkan Indonesia dalam tiga laga sebelumnya, memetik hasil imbang 1-1 dengan Thailand, unggul 3-0 atas Filipina, dan menang 1-0 melawan Timor Leste.

Pasukan Nguyen Huu Thang menduduki puncak klasemen dengan sembilan angka, sedangkan Indonesia di peringkat dua dengan tujuh poin, setara dengan poin Thailand yang saat ini tengah bermain melawan Filipina.

Menghadapi Vietnam Indonesia kehilangan motor lapangan tengah Evan Dimas akibat akumulasi kartu kuning. Namun, tim pelatih Garuda Muda sudah meyiapkan penggantinya, antara Hargianto atau Hanif Sjahbandi. (Baca Juga: Pelatih Timnas Indonesia Bingung Pilih Hargianto atau Hanif).

“Pengganti Evan belum dipastikan antara Hargianto atau Hanif. Namun, yang pasti mereka berdua yang punya kesempatan bermain,” kata Bima Sakti. “Ya, akan ada perubahan formasi karena ada empat atau lima posisi yang berubah,” kata Bima seperti dilansir laman resmi PSSI.

“Pemain sama penting. Pelatih akan mencoba semua pemain, jadi siapa yang dipercaya itu yang terbaik. Hargianto siap bermain. Septian David tetap di depan, ditopang Hargianto yang mungkin pasangannya adalah Hanif atau Asnawi,” ujar Bima.

Persiapan melawan Vietnam, pelatih mematangkan taktik spesifik untuk pemain belakang dan penyerang. Selain itu, latihan dilaksanakan dengan rileks, sedikit bercanda tapi fokus. "Latihan menekankan bagaimana mereka saat bertahan dan saat antisipasi crossing seperti apa. Lalu ada latihan spesifik untuk menyerang,” jelasnya.

Luis Milla dan jajaran pelatih pun mendapatkan masukan dari sejumlah pemain soal kekuatan lawan. “Banyak masukan dari Evan, Hargi, dan Hansamu soal siapa pemain yang patus diwaspadai. Yang pasti pelatih sudah mengingatkan pemain harus kompak, baik saat menyerang atau pun bertahan. Jadi bertahan atau tidak kita semua bertanggung jawab bersama-sama,” sambung Bima.

Indonesia juga akan memaksimalkan pemain sayap, dan menekankan konsentrasi bertahan. "Kenapa tim ini performa bagus sekarang, karena pelatih menilai tim ini punya kerja sama terutama dalam bertahan.”

Perkiraan pemain

Indonesia (4-4-2): Kartika Aji (GK): Gavin K, Hansamu Yama (C), Ricky F, Rezaldi H; Hanif Sjahbandi, Hargianto, Saddil R, Septian David; Ezra W, Yabes R

Vietnam (4-3-3): Bui Tien Dung; Tran Van Kien, Hoang Van Khanh, Biu Tien Dung, Tran Dinh Trong; Luong Xuan Truong, Nguyen Tuan Anh; Do Duy Manh, Nguyen Van
Toan, Nguyen Cong Phuong.

Bentrok Indonesia vs Vietnam di SEA Games
07/10/1997 Indonesia vs Vietnam 2-2
12/08/1999 Indonesia vs Vietnam 0-1
06/09/2001 Indonesia vs Vietnam 1-0
19/11/2011 Vietnam vs Indonesia 0-2
15/06/2015 Vietnam vs Indonesia 5-0
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)