Waahhh... Koin Bobotoh untuk PSSI Sudah Capai Tujuh Karung

Senin, 18 September 2017 - 12:52 WIB
Waahhh... Koin Bobotoh...
Waahhh... Koin Bobotoh untuk PSSI Sudah Capai Tujuh Karung
A A A
BANDUNG - Aksi koreografi 'Save Rohingya' Bobotoh dalam laga Persib Bandung vs Semen Padang beberapa waktu lalu di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, berbuntut panjang. Persib didenda Rp50 juta karena koreografi itu dinilai sebagai sebuah pelanggaran oleh PSSI.

Bobotoh pun merespon. Mereka melakukan penggalangan dana untuk membayar sanksi tersebut. Sebenarnya, sanksi itu merupakan kewajiban Persib untuk membayarnya. Tapi, Bobotoh berinisiatif menggalang dana untuk membayar sanksi itu.

Pengumpulan dana dilakukan dalam beberapa hari terakhir ini. Dana yang dikumpulkan berupa uang koin. Hal itu sekaligus menjadi sindiran keras untuk PSSI. Sebab, aksi koreografi 'Save Rohingya' ditegaskan sebagai aksi kemanusiaan dan solidaritas untuk etnis muslim Rohingya, bukan aksi politik.

Bobotoh pun setiap hari berdatangan ke Stadion Persib di Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. Mereka menyerahkan uang koin Rp50, Rp100, Rp200, Rp500, dan Rp1.000. Koin-koin itu ditempatkan di wadah khusus.

Juru Bicara Viking Persib Club Agus Rahmat mengatakan antusiasme Bobotoh sangat tinggi untuk mengumpulkan koin. Tidak hanya yang datang langsung, ada juga yang mengirimkan koin dengan menggunakan jasa pengiriman paket. "Ada koin yang dipaketkan dari daerah lain, di antaranya dari Bali dan Semarang," kata Gusdul, sapaan akrabnya, Senin (18/9/2017).

Dijelaskannya, selain di Stadion Persib, pengumpulan koin juga dilakukan di distrik-distrik Viking berbagai daerah. Nantinya, koin yang terkumpul akan diserahkan ke Stadion Persib untuk dihitung.

Khusus untuk koin yang diserahkan Bobotoh ke Stadion Persib, setiap hari dilakukan penghitungan. "Sampai kemarin kita hitung sudah Rp27 juta, semuanya tujuh karung," ungkapnya.

Gusdul mengatakan, mereka yang datang membawa koin dengan berbagai cara. Ada yang membawa beserta celengannya, menggunakan plastik, bahkan ada yang menggunakan tas dan mengeluarkan dari sakunya. Yang membuatnya merinding, banyak anak kecil yang rela menyerahkan isi celengannya.

Pengumpulan koin sendiri masih akan berlangsung beberapa hari ke depan. Target Rp50 juta pun diprediksi akan tercapai.

Sementara di luar itu, Bobotoh juga melakukan penggalangan dana bekerjasama dengan Rumah Zakat. Hingga kemarin, sudah lebih dari Rp50 juta yang terkumpul.

Jika jumlah koin yang dikumpulkan kurang dari Rp50 juta, kekurangannya akan diambil dari donasi di Rumah Zakat. Sementara jika koin yang terkumpul lebih dari Rp50 juta, sisanya akan diserahkan ke Rumah Zakat. Rencananya, dana yang terkumpul di Rumah Zakat akan diserahkan untuk muslim Rohingya. Sedangkan untuk teknis penyerahan koin ke PSSI, Gusdul mengatakan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)