Catatan Menarik Sirkuit Aragon

Minggu, 24 September 2017 - 08:19 WIB
Catatan Menarik Sirkuit Aragon
Catatan Menarik Sirkuit Aragon
A A A
ARAGON - Serangkaian sesi latihan bebas hingga kualifikasi telah dijalani para pembalap di kelas utama MotoGP. Maverick Vinales akan menandai balapan seri 14 musim ini dengan berada di barisan terdepan setelah meraih pole position.

Pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Aragon, Sabtu (23/9) malam WIB, Vinales mencetak waktu tercepat 1 menit 47.635 detik. Ini merupakan pole position kelima yang direbut pembalap tim Movistar Yamaha pada musim ini.

Sebelumnya Vinales pernah menandai balapan dengan berada di barisan terdepan di Qatar, Mugello, Prancis, dan San Marino. Keberhasilan Vinales semakin menambah menarik perburuan gelar juara dunia di musim ini. Pasalnya, dua musuh bebuyutannya yakni Marc Marquez dan Andrea Dovizioso tercecer di urutan kelima dan ketujuh.

Belum lagi melihat keberadaan Valentino Rossi di grid pertama setelah mencatatkan waktu tercepat ketiga di kualifikasi. Meskipun tidak berada dalam kondisi kesehatan yang baik, namun The Doctor bisa menjadi musuh buat Marquez dan Dovizioso jika tim Yamaha memainkan permainan team order di balapan kali ini.

Terlepas bagaimana persaingan yang akan terjadi pada balapan di Sirkuit Aragon. Tidak ada salahnya untuk mengintip apa saja hal menarik yang ada selama balapan di lintasan sepanjang 5 km tersebut.

Baca juga:
Vinales Rebut Pole, Marquez Terjatuh, Rossi Kasi Kejutan


Berikut 5 fakta menarik tentang Sirkuit Aragon


1. Tim Honda adalah pabrikan tersukses di sirkuit Aragon dengan empat kemenangan MotoGP melalui tiga pembalap berbeda yakni Casey Stoner (2011), Dani Pedrosa (2012), dan Marc Marquez (2013-2016).

2. Pembalap non-Spanyol yang pernah memenangi balapan di Sirkuit Aragon yakni Casey Stoner ( MotoGP di 2010 & 2011), Andrea Iannone (Moto2 2010), Romano Fenati (Moto3 2014), Miguel Oliveira (Moto3 2015), Sam Lowes (Moto2 2016).

3. MotoGP Aragon adalah satu dari tiga sirkuit musim ini yang belum bisa dimenangi Valentino Rossi di kelas MotoGP. Dua lainnya adalah Austin dan Red Bull Ring.

4. Andrea Dovizioso hanya membutuhkan satu poin untuk mencapai 200 dan mencocokkan rekor Casey Stoner.

5. Perbedaan poin antara Marquez - Dovizioso dan Maverick Vinales adalah 16. Pertarungan tiga besar paling dekat sejak 1993.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8188 seconds (0.1#10.140)
pixels