Sempat Terjatuh, Wahyu Aji Gagal Kompetitif di Australia

Selasa, 24 April 2018 - 20:25 WIB
Sempat Terjatuh, Wahyu Aji Gagal Kompetitif di Australia
Sempat Terjatuh, Wahyu Aji Gagal Kompetitif di Australia
A A A
ADELAIDE - Pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), Wahyu Aji Trilaksana, tidak dapat merebut poin maksimal dalam perjalanan race ke-2 kategori Underbone 150 (UB150) Asia Road Racing Championship 2018 di Sirkuit Bend Motorsport Park, Australia (22/4/2018).

Sebelumnya di race awal, racer asal Wangon, Banyumas, ini dapat merebut podium ke-3. Namun di race ke-2 yang wajib menjalani 7 lap, Wahyu Aji terjatuh hingga terpaksa finis ke-13.

Pada awalnya, runner-up UB150 (ARRC 2017) ini tidak optimal dalam momen start hingga tertahan di rombongan kedua. Segala upaya dilakukan Wahyu Aji untuk terus memperbaiki posisinya.

Namun pada dua lap terakhir jelang finish, ban depan Wahyu Aji menyentuh ban belakang pembalap Malaysia, Md Akid Aziz hingga terjatuh. Tidak patah semangat, Wahyu Aji bangkit dan finish ke-13.

"Mulai start, saya kehilangan momen untuk berada di depan. Terlalu lama tertahan di rombongan group ke-2. Saat push memasuki tikungan ke-14, tiba-tiba Akid sedikit melambat dan saya tidak bisa mengontrol dan terjatuh. Dan Alhamdulilah saya masih bisa finish di urutan ke-13 untuk menambah poin," ucap Wahyu Aji.

Mengacu hasil ARRC 2018 Australia ini, maka Wahyu Aji berada di posisi ke-6 klasemen sementara UB150.

Pada bagian lain di kelas Asia Production 250 (AP250) yang menjalani perjalanan 9 lap, duet tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) tidak dapat tampil maksimal karena mengalami kendala pada perangkat elektronik ataupun tertahan di rombongan belakang.

M Faerozi yang dapat finish ke-9 di race perdana, sebetulnya melakukan start cukup baik. Di lap ke-4, racer asal Jatim ini terjatuh di tikungan terakhir.

"Awalnya feeling power motor jauh lebih baik dari hari kemarin. Namun motor saya sempat mati saat melalui lintasan straight, itu saat masuk lap ke-3 hingga saya melorot ke posisi 13,"

"Kemudian di lap ke-4 saat keluar tikungan, motor mengalami getaran dan saya tidak dapat mengontrol dan terpental. Hal ini akan menjadi pengalaman bagi saya untuk dapat lebih baik lagi di seri berikutnya di Suzuka Jepang," terang M Faerozi yang berusia 16 tahun.

Rekan satu tim M Faerozi, yaitu Richard Taroreh menghadapi fakta dimana harus berjuang keras dan tertahan di rombongan belakang. Saat awal memang kurang optimal.

"Start di race ke-2 kurang bagus sehingga saya tertahan di rombongan belakang. Hal yang sama terjadi pada motor saya, bahwa feeling motor jauh lebih baik namun motor tidak dapat dikendalikan sehingga saya tidak memaksa untuk terlalu push saat keluar tikungan,"

"Sehubungan hal ini, saya dan tim akan mengevaluasinya jelang seri 3 nanti di Suzuka Jepang. Treknya memang hampir sama dimana bertipikal yang relatif banyak rolling speed," tukas Richard Taroreh yang finish ke-13.

Adapun posisi tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) saat ini ada di posisi ke-7 dalam klasemen sementara tim AP250. Disamping itu petarung tim satelit Yamaha TJM, Anggi Setiawan fight untuk memperebutkan posisi ke-3.

Pada lap ke-7, Anggi bertarung sengit dengan AM Fadly. Tetapi Anggi terlalu memaksa saat akan masuk ke tikungan ke-2 hingga roda depan Anggi menyentuh roda belakang AM Fadly. Talenta asal Palu, Sulteng ini terjatuh dan terjadi red-flag atau bendera merah yang berarti balap wajib dihentikan.

Menyangkut kondisi Anggi Setiawan tidak mengalami cedera serius. Dari hasil ini, Anggi berada di posisi ke-6, kemudian rekan setimnya Rafid Topan di urutan ke-9. Dalam klasemen sementara kejuaraan tim, Yamaha TJM ada di deretan ke-4.

"Mentalitas tim meningkat dari seri sebelumnya . Namun masih ada perbaikan perbaikan yang harus kami lakukan. Kami tetap menjaga perolehan poin agar terus dalam perebutan juara. Dan saatnya mulai mempersiapkan untuk Suzuka nanti. Terima kasih kepada seluruh tim, teknisi, sponsor dan semuanya yang telah mendukung kami," ujar Wahyu Rusmayadi, selaku tim Manajer Yamaha Racing Indo
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8301 seconds (0.1#10.140)