12 Grand Master Catur Mancanegara Tes Pecatur Indonesia

Kamis, 26 April 2018 - 03:01 WIB
12 Grand Master Catur...
12 Grand Master Catur Mancanegara Tes Pecatur Indonesia
A A A
SOLO - Pecatur-pecatur Indonesia mendapat pengalaman berharga di turnamen catur Japfa Grand Master dan Women Grand Master Tournament 2018 di Hotel Solo Paragon, Kota Solo, Jawa Tengah. Sebanyak 12 grand master catur mancanegara ambil bagian dan akan bertarung melawan 12 pecatur Indonesia yang didorong meningkatkan prestasinya.

Ketua Pengurus Besar (PB) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Utut Adianto mengatakan, para pecatur dari luar negeri yang ikut serta merupakan nama-nama besar dari Benua Asia, Eropa, dan Amerika.
12 Grand Master Catur Mancanegara Tes Pecatur Indonesia

“Mereka datang dari 11 negara, diantaranya Amerika, Rusia, Cina, Vietnam, dan Perancis,” kata Utut Adianto pada pembukaan, Rabu (25/4/2018).

Grand Master catur Indonesia ini menegaskan bahwa kegiatan seperti ini harus terus dilakukan sebagai upaya memberikan peluang kepada pecatur Indonesia guna meningkatkan prestasinya. Ajang ini sekaligus untuk meningkatkan elo rating pecatur nasional.

Kompetisi digelar di Solo karena sebagai salah satu daerah penyuplai atlet catur. Hanya saja, belakangan ini suplai dari Jawa Tengah kurang. Pihaknya berharap event ini mampu membangkitkan kembali gairah catur di Jawa Tengah maupun Solo.

Pada sisi lain, Utut juga memberikan apresiasi kepada Japfa yang selalu mendukung olahraga catur Indonesia hampir selama dua dekade. Sejak tahun 2000 lalu, Japfa menjadi salah satu motor penggerak utama bergairahnya catur Indonesia.

Komitmen diwujudkan dengan mengundang para pecatur internasional. Selain kompetisi tahunan Japfa Chess Club, kegiatan Japfa Grand Master dan Women Grand Master Tournament merupakan perdana di tahun 2018.
12 Grand Master Catur Mancanegara Tes Pecatur Indonesia

Corporate Affairs Director Japfa Rachmat Indrajaya mengemukakan, kompetisi kali ini untuk meningkatkan elo rating para pecatur Indonesia untuk meraih norma Grand Master. Khusus untuk Grand Master Susanto Megaranto yang juga turut ambil bagian, turnamen diharapkan menjadi ajang pemanasan sebelum mengikuti olimpiade Catur ke 43 di Georgia. Japfa dan PB Percasi juga mengundang Grand Master Timur Gareyev yang juga dikenal sebagai blindfold king of chess.

Selain itu juga terdapat Grand Master dari Cina Ma Qun yang memiliki rating 2645. Pada masa jayanya, Grand Master Ma Qun telah berhasil menyabet gelar jawara catur Commonwealth pada tahun 2003. “Kami mengundang pecatur pecatur tangguh untuk memberi lawan tanding yang mumpuni bagi atlet catur Indonesia yang berbakat,” tandas Rachmat Indrajaya. Harapannya, mereka benar benar mendapat lawan tanding yang terbaik.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2639 seconds (0.1#10.140)