Preview Argentina vs Kroasia: Tango di Bawah Tekanan

Kamis, 21 Juni 2018 - 10:01 WIB
Preview Argentina vs...
Preview Argentina vs Kroasia: Tango di Bawah Tekanan
A A A
NIZHNY NOVGOROD - Argentina dalam tekanan saat meladeni Kroasia pada laga kedua penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Kamis (21/6/2018) waktu lokal atau Jumat (22/6/2018) dini hari WIB. Lionel Messi dkk harus menang jika ingin melenggang ke fase knock-out.

Laga pembuka Argentina tidak berjalan mulus. Pasukan Jorge Sampaoli ditahan pendatang baru Islandia 1-1 di Otkritie Arena, Moscow. Gol Kun Aguero menit ke-19 dibalas Alfred Finnbogason empat menit kemudian.

Efeknya, Argentina hanya mendapat satu angka. Situasi itu berbeda dengan Kroasia yang mengamankan poin sempurna seusai menang 2-0 atas Nigeria. Itu start terbaik Vatreni -julukan timnas Kroasia- dalam 20 tahun terakhir, saat mereka lolos ke semifinal di Piala Dunia 1998 Prancis.

Tidak mudah bagi Argentina menaklukkan Kroasia meski Tim Tango dua kali mengalahkan Vatreni di tiga pertemuan terkini mereka. Sampaoli dilaporkan mempertimbangkan untuk meninggalkan formasi 4-2-3-1 yang digunakan melawan Islandia untuk menerapkan sistem 3-4-3 melawan Kroasia.

Pemain sayap Boca Juniors Cristian Pavon kemungkinan memulai pertandingan kompetitif pertamanya, sementara Gabriel Mercado dan Marcos Acuna juga akan mendapat kesempatan. "Kami akan belajar dari apa yang terjadi dan kami harus memiliki kekuatan untuk memenangkan pertandingan berikutnya," kata Sampaoli dilansir Reuters.

Kroasia dalam situasi kondusif lantaran kemenangan akan membawa mereka ke babak 16 besar. Namun, Pelatih Zlatko Dalic kehilangan striker Nikola Kalinic dipulangkan setelah menolak tampil sebagai pemain pengganti melawan Nigeria, dengan alasan masalah punggung.

Kroasia tidak pernah kalah dalam pertandingan kedua grup di Piala Dunia (menang 3, imbang 1), dan hanya kebobolan satu gol dalam empat pertandingan, saat menang 2-1 melawan Italia pada 2002.

"Kami tidak perlu terlalu takut terhadap Argentina, kami lebih baik dari mereka, kecuali Messi. Jadi, kami harus bersikap, melihat diri kami sendiri, bukan yang lain," tegas gelandang Kroasia Mateo Kovacic.

Perkiraan pemain
Argentina (4-3-3): Caballero; Mercado, Otamendi, Tagliafico; Salvio, Mascherano, Meza, Acuna; Messi, Aguero, Pavon
Pelatih: Jorge SampaoliKroasia (4-2-3-1): Subasic; Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic; Rakitic, Badelj; Brozovic, Modric, Perisic; Mandzukic​.
Pelatih: Zlatko DalicTiga pertemuan terakhir
12-11-2014 Persahabatan Argentina vs Kroasia 2-1
01-03-2006 Persahabatan Argentina vs Kroasia 2-3
26-06-1998 Piala Dunia Argentina vs Kroasia 1-0
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5842 seconds (0.1#10.140)