Jelang Argentina vs Kroasia: Zlatko Dalic Cemaskan Kinerja Wasit

Selasa, 13 Desember 2022 - 16:31 WIB
loading...
Jelang Argentina vs Kroasia: Zlatko Dalic Cemaskan Kinerja Wasit
Pelatih Kroasia Zlatko Dalic optimistis Vatreni bisa mengalahkan Argentina/Foto/Reuters
A A A
LUSAIL - Timnas Kroasia bertekad ke final Piala Dunia 2022 . Pelatih Zlatko Dalic optimistis Vatreni bisa mengalahkan Argentina pada semifinal di Lusail Stadium, Selasa (13/12/2022) malam waktu lokal atau Rabu (14/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Namun, optimisme tak cukup bagi Vatreni -julukan Timnas Kroasia. Dalic menyoroti kepemimpinan wasit yang menurutnya bakal memengaruhi hasil pertandingan nanti seperti yang terjadi di laga sebelumnya yang mempertemukan Argentina dan Belanda.



Laga Argentina vs Kroasia akan dipimpin wasit Daniele Orsato. Pengadil lapangan asal Italia itu cukup berpengalaman memimpin laga penting di Serie A, UEFA Nations League, hingga Liga Champions.

Catatan laman Transfermarkt, Orsato pernah memimpin laga di berbagai kompetisi sebanyak 550 kali. Dalam laga sebanyak itu, Orsato menggelontorkan 2.589 kartu kuning, 76 kartu merah tidak langsung, dan 64 kartu merah langsung.



Seperti diketahui, laga yang mempertemukan La Albiceleste -julukan Argentina- dengan Belanda di babak perempat final Piala Dunia 2022 berlangsung sangat panas. Kedua pemain dari masing-masing tim saling terlibat perselisihan di atas lapangan bahkan beberapa kontak fisik yang cukup keras terjadi.

Hasilnya, total 15 kartu kuning dikeluarkan oleh wasit asal Spanyol yang memimpin laga itu, Antonio Mateu Lahoz. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak yang pernah terjadi dalam satu pertandingan sepanjang sejarah Piala Dunia.

Dalam laga itu, beberapa keputusan yang dibuat oleh Lahoz dinilai merugikan masing-masing tim. Alhasil, bintang Argentina, Lionel Messi, sampai mengeluarkan protes karena merasa timnya banyak dirugikan oleh Lahoz. Bahkan, akhirnya sang wasit dikabarkan dipulangkan ke Negeri Matador dari Qatar akibat memimpin pertandingan itu dengan buruk.

Oleh karena itu, Dalic tak mau Kroasia terlibat dalam situasi panas saat berjumpa dengan Argentina seperti yang terjadi pada Belanda. Dia juga bergarap wasit yang memimpin pertandingan itu nanti bisa melakukan tugasnya dengan baik sehingga tak membuat timnya dirugikan jika terlibat perselisihan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)