Gagal ke Perempat Final, Andres Iniesta Pensiun dari Spanyol

Senin, 02 Juli 2018 - 04:21 WIB
Gagal ke Perempat Final, Andres Iniesta Pensiun dari Spanyol
Gagal ke Perempat Final, Andres Iniesta Pensiun dari Spanyol
A A A
MOSKOW - Andres Iniesta resmi mengonfirmasi gantung sepatu alias pensiun dari timnas Spanyol menyusul kegagalan Tim Matador lolos ke perempat final Piala Dunia 2018 usai dikalahan Rusia melalui drama adu penalti 4-3 di Stadion Luzhniki, Minggu (1/7/2018) malam WIB.

Gelandang Spanyol tampil di laga 16 besar Piala Dunia 2018 sebagai pemain pengganti di babak kedua, di saat Spanyol tengah menemui jalan buntu dalam kedudukan imbang 1-1 hingga dilanjutkan dengan drama adu penalti. Selama adu tendangan 12 pas, Iniesta sukses menjalankan tugasnya sebagai eksekutor pertama.

Sayangnya, keberhasilan Iniesta tak menular pada Koke dan Iago Aspas. Kegagalan rekan setimnya membuat pemain berusia 34 tahun memilih menutup kiprah internasionalnya dengan catatan mengecewakan.

"Ini adalah kenyataan yang merupakan pertandingan terakhir saya dengan tim nasional. Terkadang akhir tidak sama seperti yang diimpikan. Ini adalah hari paling menyedihkan dalam karierku," sesal Iniesta pasca pertandingan seperti dikutip dari BBC, Senin (2/7/2018).

Iniesta sendiri tampil bersama timnas Spanyol sebanyak 131 penampilan dan membukukan 13 gol . Dia diketahui pernah menjadi aktor di balik keberhasilan Tim Matador mengangkat trofi juara usai mengalahkan Belanda di final Piala Dunia 2010.

Tak hanya membawa Spanyol juara PIala Dunia saja. Iniesta juga pernah berkontribusi saat membantu membantu Spanyol memenangkan Piala Eropa pada 2008 dan 2012.

Pelatih Spanyol Fernando Hierro menggambarkan Iniesta sebagai salah satu pemain terhebat dalam sejarah sepak bola Spanyol.

"Cara Iniesta bermain di lapangan dan ketika dia menggantinya ia seperti bermain pertama kali bersama timnas. Saya ingin berterima kasih kepadanya dengan sepenuh hati," ungkap Hierro.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9164 seconds (0.1#10.140)