Preview Swedia vs Swiss: Bara di Saint Petersburg

Selasa, 03 Juli 2018 - 08:01 WIB
Preview Swedia vs Swiss: Bara di Saint Petersburg
Preview Swedia vs Swiss: Bara di Saint Petersburg
A A A
SAINT PETERSBURG - Laga panas akan terhampar di Saint Petersburg Stadium, Selasa (3/7/2018) pukul 21.00 WIB, saat Swedia menghadapi Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Kedua tim memiliki kekuatan serupa, meski Swedia tampil apik di Grup F.

Swedia mencuri perhatian pecinta bola lantaran mengalahkan tim kuat Italia di babak play-off dalam memperebutkan satu tempat di Rusia. Kemudian mereka berhasil menutup peluang Jerman lolos ke babak 16 besar setelah menang 3-0 atas Meksiko pada matchday ketiga di babak penyisihan grup F. Swedia bahkan mampu menjadi juara Grup F di Piala Dunia 2018.

“Ini tidak bisa dipercaya. Kami bisa saja menang 5-0 atau 6-0 ketika melawan Meksiko. Tidak ada yang mengharapkan Swedia untuk finis pertama setelah kalah di matchday kedua pada menit terakhir melawan Jerman," kata kapten Andreas Granqvist .

“Itu adalah pertandingan yang sempurna. Saya senang, bangga dan sedikit terharu," kepala pelatih Swedia Janne Andersson merangkum emosinya setelah Swedia berhasil maju ke babak 16 besar.

Menghadapi Swiss di babak 16 besar, pelatih Anderssonn menekankan agar timnya bisa menjaga performa bagus ketika tampil di babak grup. Pelatih berusia 60 tahun itu sepertinya akan mengusung strategi bertahan dalam laga nanti.

Dia tidak menghiraukan kritik yang menyebut Swedia cenderung tampil monoton dan tidak menjanjikan hiburan kepada penonton. Baginya kemenangan adalah utama. "Titik awal adalah bahwa setiap pemain di lapangan adalah seorang pemain bertahan," imbuh Andersson.

"Itulah yang paling dipersonifikasikan pemain depan Marcus Berg dan Ola Toivonen, dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Kemudian kita berhubungan satu sama lain. Dengan begitu kita tidak berlari untuk mengejar pemain lawan."

Di sisi lain, Swiss yang merupakan runner-up grup E cenderung mengalami performa menurun. Hal itu bisa terlihat di pertandingan terakhir grup ketika menghadapi Kosta Rika. Pertahanan mereka sangat rentan ketika lawan melakukan serangan balik. Swiss tak bisa mempertahankan keunggulan ketika dua kali mampu memimpin pertandingan. Dalam laga melawan Kosta Rika kedudukan akhir 2-2.

Kendati demikian, pemain depan Swiss, Breel Embolo menatap laga ini dengan positif. Dia ingin memberikan kado berupa kemenangan untuk putrinya yang baru saja lahir. Embolo terbang dari Rusia menuju Swiss tepat setelah pertandingan melawan Kosta Rika berakhir. Dia menyempatkan diri untuk menyaksikan kelahiran putri tercintanya

"Itu adalah waktu yang sempurna. Saya langsung ke rumah sakit dari bandara dan tiba tepat pada waktunya. Aku senang. Kelahiran Naliya sejauh ini adalah hadiah terbaik yang pernah kualami dalam hidupku. Sekarang, Saya berharap tidak akan terbang kembali ke Swiss dalam waktu dekat. Kami ingin menang. Kami masih ingin mencapai sesuatu di sini di Rusia."

Hal yang sama juga ditekankan oleh pemain depan Swiss lainnya. Josip Drmic yang menyumbang satu gl di laga melawan Kosta Rika bertekad untuk membawa Swiss lolos ke babak perempatfinal.

"Swedia adalah tim yang kuat. Tapi kami akan siap dengan sangat baik. Kami akan memberikan yang terbaik untuk mencapai babak perempat final. Dua tahun lalu, kami kalah dari Polandia di babak 16 besar di Piala Eropa 2016. Kami belajar dari itu. Faktanya kami bisa dua kali mengejar ketinggalan setelah lawan terlebih dahulu mencetak gol (melawan Brasil 1-1 dan serbia 2-1)."

Dalam laga nanti kedua tim tidak diperkuat sejumlah pemain bintangnya. Swedia tak akan diperkuat Sebastian Larsson karena harus menjalani suspensi. besar kemungkinan dia akan digantikan Gustav Svensson di lini tengah. Sementara itu Swiss dipastikan tak akan diperkuat oleh dua pemain belakang Stephan Lichtsteiner dan Fabian Schar setelah mereka mengantongi dua kartu kuning di dalam laga babak penyisihan grup.

Perkiraan pemain
Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Mikael Lustig,Victor Nilsson Lindeloef,Victor Nilsson Lindeloef,Ludwig Augustinsson,Albin Ekdal,Emil Forsberg,Gustav Svensson,Viktor Claesson,Marcus Berg,Ola Toivonen.Pelatih: Janne Andersson

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer,Manuel Akanji,Michael Lang,Ricardo Rodriguez,Johan Djourou,Granit Xhaka,Valon Behrami,Blerim Dzemaili,Xherdan Shaqiri,Mario Gavranovic, Breel Embolo.
Pelatih: Vladimir Petkovic

Lima Pertemuan terakhir
11/08/1993 Persahabatan Swedia vs Swiss 1-2
12/10/1994 Piala Eropa Swiss vs Swedia 4-2
06/09/1995 Piala Eropa Swedia vs Swiss 0-0
25/04/2001 Persahabatan Swiss vs Swedia 0-2
27/03/2002 Persahabatan Swedia vs Swiss 1-1
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9620 seconds (0.1#10.140)