Jepang Gagal ke Perempat Final, Kapten Timnas Jepang Pensiun

Rabu, 04 Juli 2018 - 10:34 WIB
Jepang Gagal ke Perempat Final, Kapten Timnas Jepang Pensiun
Jepang Gagal ke Perempat Final, Kapten Timnas Jepang Pensiun
A A A
KAZAN - Kegagalan Timnas Jepang lolos ke perempat final Piala Dunia 2018 berbuntung pengunduran diri kapten tim Makoto Hasebe. Keputusan pensiun dibuat hanya dua hari setelah Jepang disingkirkan Belgia di babak 16 Besar.

Sebenarnya bicara prestasi, Hasebe dan Tim Samurai Biru terbilang tidak terlalu buruk. Bahkan mereka beberapa kali membuat kejutan di babak penyisihan grup. Di laga pertama Jepang sukses mengandaskan perlawanan Kolombia yang dikalahkan 1-2.

Melawan Senegal, Hasebe Cs bisa bermain imbang 2-2. Dan hanya di laga terakhir melawan Polandia kekalahan pertama dialami dengan skor tipis 0-1.

Dengan menempati posisi kedua di Grup H, Jepang lolos ke babak 16 Besar menemani Kolombia yang jadi juara grup. Penampilan tim besutan Akira Nishino di babak 16 Besar juga sangat menjanjikan. Melawan Belgia yang jadi salah satu favorit, Jepang bisa meladeni permainan Eden Hazard Cs. Bukan hanya itu, Jepang pun sempat unggul 2-0 lewat gol yang dibuat Genki Haraguchi dan Takashi Inui.

Sayangnya, usaha Jepang untuk menjadi satu-satunya wakil Asia di perempat final akhirnya kandas juga. Belgia mampu bangkit dan bisa memenangkan pertandingan 3-3 melalui gol yang dibuat Jan Vertongen, Marouane Fellaini dan Nacer Chadli.

Seperti dikutip Japantimes, Rabu (4/7/2018), Hasebe telah memutuskan untuk mengakhiri pengabdian pada timnas. Melalui akun pribadinya di Instagram, Hasebe mengucapkan salam perpisahan.

"Bermain untuk tim nasional berbeda dengan tim di klub karena pemain tidak tahu kapan atau siapa yang akan dipilih. Jadi saya mengerti dan egois dengan keputusan ini," ucapnya.

Pemain berusia 34 tahun dan menjadi penggawa Eintracht Frankfurt itu telah 114 kali membela Jepang di pentas internasional. "Terima kasih pada penggemar. Saya selalu bangga bermain untuk tim nasional."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6352 seconds (0.1#10.140)