Fernando Hierro Tanggalkan Jabatan Pelatih Timnas Spanyol

Senin, 09 Juli 2018 - 00:07 WIB
Fernando Hierro Tanggalkan Jabatan Pelatih Timnas Spanyol
Fernando Hierro Tanggalkan Jabatan Pelatih Timnas Spanyol
A A A
MADRID - Fernando Hierro resmi menanggalkan jabatannya sebagai pelatih timnas Spanyol usai tersingkir dari perburuan trofi juara di Piala Dunia 2018. Pria berusia 50 tahun itu hanya bertahan selama 25 hari di kursi empuk pelatih setelah menggantikan posisi Julen Lopetegui.

Keputusan Hierro itu dikonfirmasi langsung oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). "RFEF dan Fernando Hierro sepakat mengakhiri kerja sama seiring berakhirnya partisipasi Spanyol di Piala Dunia 2018. Hierro memilih untuk mengambil karier profesional baru alih-alih kembali menjadi direktur teknik Spanyol," tulis RFEF.

Hierro dilantik sebagai pelatih Spanyol sehari jelang Piala Dunia 2018 di Rusia berlangsung dengan menggantikan posisi Lopetegui. Mantan pemain Real Madrid itu lantas menerima kontrak temporer hingga berakhirnya Piala Dunia 2018.

Selama berada di bawah komando Hierro, penampilan tim Matador jauh dari ekspektasi publik Spanyol. Sebab, mereka hanya memenangkan sekali pertandingan selama Diego Costa dkk tampil di fase Grup B.

Meskipun jauh dari harapan penggemar di Spanyol, namun Hierro sukses mengantarkan tim Matador mengunci posisi teratas di Grup B dengan raihan lima poin dari sekali menang dan dua kali seri. Namun petualangan Hierro bersama timnas Spanyol berakhir tragis di tangan tuan rumah.

Ya, Rusia benar-benar menjadi batu sandungan timnas Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah kalah dalam drama adu penalti melawan Rusia. "RFEF ingin mengucapkan terima kasih kepada Fernando Hierro atas komitmen dan rasa tanggung jawabnya, baik dalam mengambil alih tim nasional dalam keadaan luar biasa, dan dengan cara di mana ia telah menjalankan semua fungsinya di sebuah organisasi. Pintu akan selalu terbuka untuknya. Federasi juga ingin menyoroti nilai-nilai profesional yang ditunjukkan oleh olahragawan yang luar biasa. Kami mengharapkan dia mendapat keberuntungan terbaik untuk masa depan," demikian pernyataan resmi RFEF.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7808 seconds (0.1#10.140)