Bek Kroasia Minta Maaf Atas Video Bernuansa Politis

Jum'at, 13 Juli 2018 - 13:37 WIB
Bek Kroasia Minta Maaf Atas Video Bernuansa Politis
Bek Kroasia Minta Maaf Atas Video Bernuansa Politis
A A A
MOSKOW - Bek Kroasia Domagoj Vida meminta maaf atas postingan video yang dianggap bernuansa politis. Dalam video tersebut, Vida berucap Glory to Ukraine setelah berhasil mengalahkan Rusia di babak perempat final Piala Dunia 2018.

Vida melakukan permintaan maaf dalam sebuah konferensi pers seusai laga melawan Inggris di babak semi final. Menghadapi Inggris, tim Kroasia mendapat cemoohan dan siulan dari para suporter Rusia yang datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan tersebut. Aksi suporter tersebut merupakan bentuk balasan dan menunjukan rasa kesal mereka terhadap postingan video Vida.

"Saya tahu saya melakukan kesalahan dan saya ingin meminta maaf lagi kepada orang-orang Rusia. Saya minta maaf. Itulah hidup. Anda harus belajar dari kesalahan Anda," " kata Vida dikutip dari Reuters, Jumat (13/7/2018)

Dalam pernyataan sebelumnya yang dikeluarkan oleh Federasi Sepak Bola Kroasia, Vida mengatakan bahwa video postingannya tersebut tidak mengarah ke nuansa politik. Dia mengabadikan momen kemenangan tersebut karena dia memiliki rekan-rekan di Ukraina setelah sebelumnya pernah memperkuat klub Dynamo Kiev.

"Niat kami bukan untuk menyinggung siapa pun. Saya dengan tulus berharap bahwa pesan ini tidak akan dipahami sebagai hal lain selain ungkapan terima kasih kepada teman-teman kami di Ukraina atas dukungan mereka," kata Vida.

Seperti diketahui bahwa hubungan Rusia dengan Ukraina penuh gejolak sejak Moskow mencaplok Krimea pada 2014 dan mendukung separatis pro-Rusia di Ukraina Timur. Menanggapi video Vida, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada Kamis (12/7/2018) mengecam postingan tersebut dan mengatakan bahwa itu adalah tindakan yang sangat bodoh

"Ada sepak bola dan ada politik. Keduanya adalah hal yang berbeda. Itu bodoh," kata Zakharova kepada wartawan, menambahkan bahwa kementerian telah melihat permintaan maaf Vida atas insiden itu

Sementara itu, FIFA memutuskan bahwa komentar Vida dalam video itu tidak sesuai dengan peraturan turnamen tentang kenetralan politik dan komite disiplin untuk mengeluarkan peringatan ataupun memberikan hukuman kepada Vida. Namun FIFA memberi tindakan tegas terhadap Ognjen Vukojevic, seorang anggota staf pelatih Kroasia yang muncul dalam video dengan Vida. Dia didenda 11.400 Pounds atau sekitar Rp 216 juta. Vukojevic kemudian dipecat dari perannya bersama tim nasional Kroasia menjelang laga semi final menghadapi Inggris.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2039 seconds (0.1#10.140)
pixels