Akreditasi Cabor Langkah Pemerintah Mengembangkan Olahraga

Kamis, 02 Agustus 2018 - 14:46 WIB
Akreditasi Cabor Langkah Pemerintah Mengembangkan Olahraga
Akreditasi Cabor Langkah Pemerintah Mengembangkan Olahraga
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Badan Standardisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK) melakukan gebrakan baru dalam dunia olahraga nasional. Bersandar pada UU Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional Jo Peraturan Presiden No 11 Tahun 2014, BSANK melakukan akreditasi terhadap semua cabang olahraga di Indonesia.

Tujuan dari akreditasi ini sebagai upaya pemerintah mengembangkan olahraga. Pendapat tersebut disampaikan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Prof. Dr. Mulyana. "Akreditasi akan diterapkan oleh pemerintah sebagai salah satu syarat pemerintah memberikan bantuan kepada cabang olahraga," ujarnya dalam rilis yang diterima SINDONews, Kamis (2/8/2018).

Sebagai langkah awal, BSANK telah melakukan akreditasi kepada empat cabang olah raga. Hasil dari proses akreditasi yang dilakukan itu disebutkan akan relevan dengan tingkat prestasi yang dicapai oleh cabor bersangkutan. Artinya, dengan kriteria-kriteria penilaian akreditasi, dapat diketahui, dianalisis, dan dikaji secara ilmiiah faktor dan penyebab maju atau mundurnya prestasi olahraga nasional. (Baca juga : Puji Kiprah BSANK, Menpora Berikan Sertifikat Akreditasi kepada Empat Cabor )Dan untuk lebih mengenalkan akreditasi terhadap cabang olahraga, BSANK telah menggelar sosialisasi kepada cabang-cabang olahraga pada Rabu (1/8/2018). Acara sosialisasi ini dihadiri perwakilan dari berbagai cabang olahraga, antara lain PP PGSI (gulat), PP Wushu Indonesia, PB PASI, PB IPSI, PB Squash Indonesia.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6827 seconds (0.1#10.140)