Preview Indonesia U-16 vs Malaysia U-16: Strategi Jitu Bungkam Jiran

Kamis, 09 Agustus 2018 - 08:01 WIB
Preview Indonesia U-16...
Preview Indonesia U-16 vs Malaysia U-16: Strategi Jitu Bungkam Jiran
A A A
SIDOARJO - Tim nasional Indonesia U-16 menyiapkan strategi jitu untuk menjungkalkan Malaysia pada semifinal Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8/2018) pukul 19.00 WIB. Pelatih Fakhri Husaini mewaspadai daya tahan dan fisik pasukan Negeri Jiran.

Fakhri mengatakan sudah mengantongi kelemahan Malaysia saat menyempatkan diri memantau langsung pertandingan antara Laos kontra Malaysia di Stadion Joko Samudro, Selasa (7/8/2018).

Menurut Fakhri, meski Malaysia bermain cukup bagus, namun Laos malah lebih banyak menekan. Kemenangan 1-0 Malaysia ditentukan lewat gol bunuh diri Anantaza Siphongphan pada menit ketiga.

"Kami sudah melihat pertandingan Malaysia sebelumnya, dan juga sudah bertemu dalam uji coba di Malaysia bulan lalu. Kami sudah menyiapkan strategi untuk bisa memberikan tekanan perlawanan dari awal pertandingan dan mempersembahkan kemenangan bagi tim ini,” ungkap Fakhri dilansir laman resmi PSSI.

Diakui Fakhri, Malaysia memiliki daya tahan dan fisik yang bagus dalam bertanding. Namun, mantan pemain Petrokimia Gresik itu sudah mengantisipasi kelebihan Pasukan Raja Azlan Shah Raja So’ib.

“Kami antisipasi hal itu dengan memberikan latihan yang tepat untuk para pemain. Evaluasi dari pertandingan-pertandingan sebelumnya, terutama saat bertemu Myanmar dan Vietnam," imbuhnya.

"Para pemain juga sudah kami persiapkan mental bertandingnya. Saya ingin para pemain harus fokus hanya di pertandingan nanti. Abaikan hal-hal lain di luar pertandingan,” tegasnya.

Fakhri pun meminta dukungan suporter untuk tetap mendukung tim dengan cara yang sportif. Pasalnya, rivalitas antara kedua negara kerap menimbulkan gesekan dan pertikaian baik di luar dan dalam stadion.

“Kami mengharapkan dukungan dan doa dari suporter Indonesia. Namun, kami juga tidak ingin turnamen ini meninggalkan cela. Dukung kami dengan sportif, kami akan berupaya tampil maksimal.”

Indonesia melaju ke semifinal dengan mendulang lima kemenangan. David Maulana dkk menjadi satu-satunya tim dari 11 negara kontestan yang mampu mencetak 21 gol di babak kualifikasi. Itu artinya, tak ditemukan cela dan kelemahan skuat muda Indonesia ketika bertandingan di Grup A.

Sementara itu Malaysia, lolos ke semifinal setelah finis sebagai runner-up Grup B. Mereka mendulang tiga kemenangan dan satu kekalahan. Jumlah gol Malaysia hanya mencapai 12 gol.

Namun, dalam lima pertemuan Indonesia U-16 melawan Malaysia U-16 di ajang Piala AFF U-16, Merah Putih belum pernah menang, Indonesia hanya imbang tiga kali dan kalah dua kali.

Perkiraan pemain

Indonesia (4-3-3)
: Ernando Sutaryadi, Bagas Kaffa , Yudha Febrian, Fadilah Nur Rahman, David Maulana (C), Amanar Abdilah, Andre Oktaviansyah, Sutan Diego, Yadi Mulyadi, Komang Teguh, Brylian Negiehta.
Pelatih: Fakhri Husaini.

Malaysia (4-3-3): Abdul Alim Al Amri Ali, Nuh Azlan Syah, Muhammad Danish Ishak, Mohammad Alias Alan, Izzul Adham Suhami, Muhammad Azrul Haikal Ramlee, Mohammad Ikhwan Mohd Hafizo, Fahmi Daniel, Alif Daniel Abdul Aziz, Harith Naem Jaineh, Amirul Ashrafiq.
Pelatih: Raja Azlan Shah Raja So’ib

Lima Pertemuan terakhir di Piala AFF U-1629/08/2013 Piala AFF U-16 Malaysia vs Indonesia 0-002/09/2013 Piala AFF U-16 Indonesia vs Malaysia 1-1 (Indonesia kalah adu penalti 2-3)09/07/2011 Piala AFF U-16 Indonesia vs Malaysia 1-1
15/07/2008 Piala AFF U-16 Malaysia vs Indonesia 2-0
23/08/2007 Piala AFF U-16 Malaysia vs Indonesia 2-2
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)