Gelar Balapan Malam Hari, YCR Pangkep Bakal Beri Sensasi Berbeda

Jum'at, 17 Agustus 2018 - 14:13 WIB
Gelar Balapan Malam Hari, YCR Pangkep Bakal Beri Sensasi Berbeda
Gelar Balapan Malam Hari, YCR Pangkep Bakal Beri Sensasi Berbeda
A A A
PANGKEP - Yamaha Cup Race 2018 (YCR 2018) sudah siap untuk digeber di sirkuit permanen Sobat Pancasila Karaeng Mallombassang, Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan pada akhir pekan ini.

Ajang balap motor ini akan berlangsung seru, karena sirkuit dengan panjang lintasan 900 meter dan lebar trek 8 meter ini juga mempunyai delapan tikungan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Sementara lintasan lurus utamanya mencapai 180 meter mulai dari tikungan terakhir sampai tikungan pertama.

Digelarnya YCR 2018 di Pangkep ini menandakan bahwa acara sudah region Sulawesi, setelah sebelumnya sukses digelar di region Sumatera (Medan dan Banda Aceh), Kalimantan (Singkawang, Kalbar) dan Jawa (Tasikmalaya, Jabar). Selain di Pangkep, juga akan dilangsungkan di Polman, Sulawesi Barat.

Untuk seri Pangkep, YCR 2018 bakal lebih menantang dan sensasi yang berbeda, pasalnya balapan dilangsung pada malam hari. Ini untuk kesekian kalinya Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Main Dealer Suraco Jaya Abadi motor (MD SJAM) menghadirkan night race.

"Kita menyambut baik penyelenggaraaan YCR 2018 di Pangkep yang akan digelar di sirkuit permanen. Wilayah Pangkep ini memang penting karena memberikan kontribusi penjualan (market-share) yang cukup tinggi kepada Yamaha. Pangkep ini juga penting karena dekat dengan Makassar dan sebagai penghubung dengan daerah-daerah sekitar seperti Makassar, Pare, Pinrang, Maros dan sebagainya," jelas GM Marketing PT. Suraco Jaya Abadi Makassar (SJAM), Frengky J Tunandar dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.

"Sedangkan untuk kelas Aerox 155 Cup Community memang sangat baik karena komunitas Aerox 155 di Pangkep ini relatif besar. Komunitas yang berperan aktif membesarkan Yamaha di Makassar. Saya menyambut gembira kelas ini karena dapat menyalurkan bakat atau hobi mereka," sambungnya.

Dalam YCR 2018 Pangkep akan tersaji 10 kelas. Terdiri dari MP1 hingga MP6 yang selama ini menjadi kelas utama di Kejurnas Motoprix. Pada kelas utama ini akan memperebutkan tiket grand final YCR 2018 hasil dari penggabungan YCR Polman, Sulbar nanti. Grand final rencananya akan dihelat di trek GBT Surabaya.

Di samping itu, hadir pula 4 kelas lain yang didasari dari animo lokal. Aspirasi pembalap-pembalap daerah coba diakomodir. Yaitu dengan menciptakan kelas balap untuk kategori Bebek 2 Tak 116 cc Open, kemudian Matic Standar 130 cc Open, Bebek 125 cc 4 Tak Tune-up Mix Lokal AJTP + Pangkep & Maros serta Yamaha Aerox 155 cc Community.

Kelas terakhir merupakan kategori yang khusus diperuntukkan komunitas lokal Pangkep, Makassar dan sekitarnya, sebagai bentuk apresiasi YIMM kepada komunitas yang ingin merasakan sensasi balap di sirkuit permanen. Unit motor Aerox 155cc dan perlengkapannya disediakan langsung oleh pihak Yamaha.

Sebelum berlangsungnya aktivitas balap kelas Yamaha Aerox 155 cc Community akan dilakukan edukasi dan coaching clinic terlebih dahulu yang dibawakan oleh pembalap nasional Rey Ratukore.

Sementara itu, sejumlah komunitas dipastikan ambil bagian, di antaranya X-Ride Yamaha Indonesia, Nmax Makassar, Yamaha Vixion Lovers, Aerox Rider Club Indonesia, Yamaha V-One Celebes Club, Aerox Rider Club Indonesia, Fino Owners Indonesia dan Bikers Vixion Makassar Club. Seluruh komunitas tersebut tergabung dalam Yamaha Federation Riders Indonesia (YRFI).
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3702 seconds (0.1#10.140)