Nasib Valverde di Tengah Performa Gemilang Barcelona

Minggu, 23 September 2018 - 13:27 WIB
Nasib Valverde di Tengah Performa Gemilang Barcelona
Nasib Valverde di Tengah Performa Gemilang Barcelona
A A A
BARCELONA - Di tengah gemilangnya performa Barcelona sejauh ini, masa depan Ernesto Valverde terus dipergunjingkan. Keberlangsungan kariernya bersama El Azulgrana belum juga mendapat kejelasan.

Penyebabnya adalah kontrak Valverde yang akan berakhir musim panas mendatang. Logikanya, Barcelona sudah sejak lama memulai pembicaraan untuk menambah masa tugas.

Tapi, kenyataan di lapangan justru berbeda. Kedua belah pihak belum melakukan apa pun. Kabar keretakan hubungan Valverde dengan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu sejatinya telah berembus sejak musim lalu, tepatnya setelah disingkirkan AS Roma di babak perempat final Liga Champions.

Ketegangan antara keduanya yang bocor ke media membuat Valverde kecewa. Gelar Primera Liga dan Copa del Rey yang diraih bahkan tidak mampu memperbaiki keadaan.

Uang senilai lebih dari 125 juta euro untuk memboyong pemain di bursa transfer musim panas lalu juga dikabarkan belum memuaskan pelatih berusia 54 tahun itu. Valverde kabarnya tidak menyetujui kepergian Paulinho dan menyayangkan kegagalan mendatangkan bek kiri anyar.

Imbasnya, dalam enam laga di semua kompetisi, dia tiga kali memakai komposisi starting line-upyang sama. Minimnya rotasi jelas membuat tenaga para pemain kunci Barcelona terkuras.

Berbagai faktor tersebut mendapatkan perhatian dari Bartomeu. Dia lalu menetapkan tenggat waktu hingga Maret 2019. Jika terjadi kesepakatan, Barca bisa memakai opsi memperpanjang kontrak Valverde satu tahun.

Namun, jika tidak ada titik temu, Barcelona harus segera mencari penggantinya. Kabar baiknya, persoalan itu sepertinya tidak mengganggu tugas Valverde. Profesionalitasnya terlihat dengan impresifnya kinerja Barcelona yang sukses meraih kemenangan dalam tujuh pertandingan terbaru di semua kompetisi.

Barcelona bertekad melanjutkan torehan positif saat menjamu Girona di Camp Nou pada lanjutan Primera Liga, dini hari nanti. Namun, padatnya jadwal pertandingan diyakini membuat Valverde bersikap realistis.

Juru taktik kelahiran Viandardelar Vera, Spanyol, tersebut kemungkinan akan memainkan beberapa pemain yang jarang diturunkan seperti Clement Lenglet dan Arthur Melo. Sementara Arturo Vidal dan Ivan Rakitic akan diistirahatkan.

Sayang, kondisi Malcom masih meragukan. Untuk meneror pertahanan lawan, Valverde akan mengandalkan dua penyerang yang sedang on-firemacam Lionel Messi, Osmane Dembele, dan Luis Suarez.

Selain itu, alternatif di lini tengah kian bertambah dengan pulihnya Sergi Samper. Susunan skuad yang mumpuni ini jelas membuat Barcelona difavoritkan meraih tiga poin. Apalagi, Blaugranadidukung statistik.

Mereka belum terkalahkan selama empat pertemuan teranyar kontra Girona. Khusus Dembele, Valverde mengatakan bahwa penyerang mudanya itu telah berkembang. Torehan lima gol di enam laga terakhir membuatnya yakin ujung tombak asal Prancis tersebut bakal terus bersinar.

“Dembele sangat bagus. Dia mencetak gol dan menunjukkan konsistensi. Dia bisa membantu pertahanan dan membuat pertandingan menjadi tidak seimbang. Semuanya didapat dari kerja keras yang dilakukannya selama ini,” ujar Valverde, dilansir football-espana.net.

Meski demikian, Barcelona tetap harus waspada. Pasalnya, Girona datang ke Camp Nou berbekal dua kemenangan beruntun di kompetisi domestik. Motivasi Blanquivermelljuga sedang tinggi karena berhasrat masuk empat besar.

Saat ini, tim tamu bertengger di urutan ketujuh klasemen sementara dengan tujuh poin, setara dengan Espanyol yang berada di urutan keempat. Kendati puas dengan kinerja armadanya, Pelatih Girona Eusebio Sacristan meminta pasukannya berkonsentrasi penuh.

Dia yakin jika mampu menampilkan permainan terbaik, mencuri poin dari Barcelona bukanlah sesuatu yang mustahil. “Kami akan menjalani pertandingan sulit di kandang Barcelona. Mencetak gol di Camp Nou bukan perkara mudah. Tapi, hal itu memberikan kami kekuatan dan motivasi untuk menunjukkan kualitas yang kami miliki,” sebut Sacristan.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6341 seconds (0.1#10.140)