Cokorda Raka dan ASW Jadikan Kadispora Cup 2018 Ajang Regenerasi Pebasket Bali

Senin, 08 Oktober 2018 - 19:53 WIB
Cokorda Raka dan ASW Jadikan Kadispora Cup 2018 Ajang Regenerasi Pebasket Bali
Cokorda Raka dan ASW Jadikan Kadispora Cup 2018 Ajang Regenerasi Pebasket Bali
A A A
JAKARTA - Eksistensi Bali sebagai penghasil pemain basket putra sudah tak perlu diragukan lagi. Nama-nama seperti I Made Lolik Sudiadnyana, Riko Hantono, Tri Adnjaadi Lokatanaya, Suwandi Menara merupakan legenda basket dari Pulau Dewata yang tidak hanya dikenal sebagai pemain kunci di klub mereka, namun juga pilar di timnas basket putra Indonesia.

Ironisnya, Bali yang dulu dikenal memiliki segudang pebasket hebat di sektor putra nyatanya mulai redup karena kurangnya regenerasi. Menjawab keresahan sekaligus kerinduan untuk regenerasi pebasket Bali, baik putra dan putri, Cokorda Raka Satrya Wibawa bersama ASW (All Star Winners) berencana menggelar turnamen bola basket tingkat nasional Kadispora Cup 2018, antar SMA (putra putri) yang akan berlangsung di GOR Ngurah Rai, Denpasar, Bali, 22-28 Oktober 2019.

Cokorda Raka yang telah malang melintang di dunia basket Tanah Air, mengatakan bahwa adanya Kadispora Cup 2018 tidak hanya untuk menghidupkan kompetisi basket di Bali semata. Tapi juga upaya untuk mencari regenerasi basket dari Pulau Dewata di masa mendatang, sekaligus untuk mengevaluasi talenta muda.

"Dulu saya banyak ditanya oleh rekan-rekan media, mengapa Bali tidak punya klub basket putra yang berlaga di Kobatama, NBL, IBL. Padahal menurut mereka, Bali sebagai gudangnya talenta pebasket andal di Tanah Air. Mungkin dengan adanya Kadispora Cup ini, kami bisa menemukan bibit baru dan harapan saya juga kedepannya akan menjawab pertanyaan klasik tersebut, bahwa akan ada klub basket putra Bali yang berlaga dikasta basket tertinggi Nasional, mendampingi tim putri yang kini di wakili oleh Merpati Bali yang berlaga di Srikandi Cup," tutur Wiwin panggilan akrabnya dalam keterangan resmi yang diterima SINDOnews, Senin (8/10/2018).

Wiwin, yang kini bekerja sebagai staf Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bali menambahkan kehadiran Kadispora Cup 2018 diharapkan bisa digelar secara rutin setiap tahunnya. Rencana itu diamini Ali Santoso Wibowo sebagai pemilik ASW Sport yang sangat peduli akan perkembangan bola basket khususnya di Provinsi Bali.

Melalui ASW Sport, Ali Santoso Wibowo ingin memasyarakatkan olahraga serta meningkatkan prestasi dan memupuk sportivitas dikalangan pelajar. Tidak hanya itu, kedepannya ASW Sport berkomitmen ingin menggelar berbagai kejuaraan basket di Bali secara konsisten.

"Kami ingin menjaring talenta basket pelajar di Provinsi ini baik sektor putra dan putri. Tidak hanya itu, ASW ingin berperan mencetak generasi muda Bali yang baik jauh dari narkoba lewat berbagai olahraga khususnya basket. Walaupun dengan sarana lapangan basket yang minim, berbagai klub di sini mulai peduli dengan pembinaan basket usia dini," timpal Ali Santoso.

"Kami juga punya mantan pebasket Nasional seperti Cokorda Raka dan lainnya yang siap menularkan ilmu dan pengalamannya untuk proses regenerasi," sambung Ali Santoso Wibowo.

Kadispora Cup 2018 tidak hanya menyajikan kompetisi basket semata. Ada berbagai acara menarik yang bakal memanjakan mata penonton, salah satunya menggelar dance competition. Hingga saat ini berbagai SMA baik di Denpasar maupun daerah lainnya sangat antusias untuk mengikuti hajatan yang digelar oleh Dispora Provinsi Bali dan ASW Sport.

"Semoga mereka yang berlaga di Kadispora Cup 2018 nantinya bisa menggantikan kami sekaligus mengharumkan nama Bali diberbagai kejuaraan yang ada, mulai dari level pelajar, PON hingga level yang tinggi seperti IBL ataupun Srikandi Cup," pungkas Cokorda Raka.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2904 seconds (0.1#10.140)