Kalah dan Cedera, Nadal Terancam Absen pada Grand Slam 2019

Minggu, 30 Desember 2018 - 11:31 WIB
Kalah dan Cedera, Nadal Terancam Absen pada Grand Slam 2019
Kalah dan Cedera, Nadal Terancam Absen pada Grand Slam 2019
A A A
ABU DHABI - Belum sempat merasakan event grand slam musim 2019, petenis nomor dua dunia Rafael Nadal sudah duduk manis menjadi penonton. Nadal mengalami cedera usai kalah dari Kevin Anderson di Kejuaraan Tenis Dunia Mubadala di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat (28/12). Nadal terancam absen lama musim 2019.

Meski begitu, petenis Spanyol itu mengaku "puas" dengan pertandingan pertamanya kembali setelah operasi pergelangan kaki. Nadal kehilangan tiga set ketat 6-4, 3-6, 6-4 dan kemudian menarik diri dari pertandingan play-off tempat ketiga, sehingga tidak mendorong tubuhnya terlalu jauh terlalu cepat.

"Pertandingan sulit, pertandingan tiga set, saya tidak bermain set sebelumnya di sini," kata Nadal yang tidak bermain sejak lutut memaksanya untuk pensiun di semifinal Amerika Serikat Terbuka melawan Juan Martin del Potro pada September lalu dilansir the straits times.

"Pada saat yang sama, saya mendapatkan rasa sakit setelah waktu yang lama tanpa bermain, jadi mungkin saya tidak akan bermain. Aku akan mengambil cuti beberapa hari. Musim baru saja dimulai untukku, itu tujuan untuk berada di sini," sambung Nadal.

Nadal menjalani operasi pada pergelangan kakinya untuk menghilangkan tubuh intraartikular yang longgar pada bulan November dan hanya melanjutkan pelatihan dua minggu lalu. "Ketika Anda keluar setelah menjalani operasi sebulan yang lalu, itu normal bahwa saya memiliki beberapa rasa sakit," kata Nadal.

"Jujur, saya puas dengan cara saya bermain tenis. Saya kurang lebih puas dengan bagaimana tubuh dipegang. Ini bukan saatnya bagi saya untuk mengambil langkah mundur, ini adalah saat untuk membuat langkah maju. Pertandingan hari ini adalah langkah maju bagi saya, itu yang utama,” tambah Nadal.

Nadal sekarang dijadwalkan untuk memulai 2019 di Brisbane minggu depan sebagai persiapan untuk Mayor pertama tahun ini. "Tujuan saya adalah berusaha untuk siap menghadapi Australia Terbuka dan saya pikir saya sedang dalam perjalanan untuk mewujudkannya, tetapi, tentu saja, saya tidak bisa mengambil banyak risiko setelah operasi," tuturnya.

Sementara itu bintang Australia, Nick Kyrgios mengungkapkan, dia digigit laba-laba pada Jumat (28/12). Petenis temperamental itu, memposting video di akun Instagram miliknya tentang luka akibat gigitan laba-laba tersebut.

Kyrgios sedikit cemas, pasalnya dia akan tampil di Brisbane International. "Ada gigitan laba-laba di kakiku, laba-laba ini menggigit keluar dari contro. Natal berbeda setiap tahun," ujar Kyrgios.

Akibatnya, Kyrgios harus menghabiskan perayaan natal di rumah sakit Canberra. Namun, kondisi kesehatannya masih oke dan bisa tampil Brisbane yang akan dimulai pada Senin (31/12). Kyrgios menyelesaikan musimnya awal Oktober setelah cedera siku memaksanya keluar dari Piala Kremlin di Moskow.

Kembali ke rumah untuk mempersiapkan 2019, dunia No. 35 mengakui bulan lalu bahwa dia sedang bekerja melalui masalah kesehatan mental yang telah mengganggunya sepanjang tahun. "Aku mulai menemui beberapa psikolog dan mencoba untuk mendapatkan kesehatan mentalku," katanya.

Kyrgios sangat berbakat, tetapi mudah emosi. Sikap tersebut kerap membuat prestasinya redum bahkan gagal total disebuah turnamen.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6339 seconds (0.1#10.140)
pixels