Diplomasi Stroberi Ala Israel Jelang Olimpiade Tokyo 2020

Rabu, 09 Januari 2019 - 06:00 WIB
Diplomasi Stroberi Ala Israel Jelang Olimpiade Tokyo 2020
Diplomasi Stroberi Ala Israel Jelang Olimpiade Tokyo 2020
A A A
TEL AVIV - Ada cerita unik ketika Menteri Olimpiade Jepang, Yoshitaka Sakurada (69 tahun) berkunjung ke Tel Aviv, Israel, untuk membahas persiapan Opimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Dalam kunjungannya Sakurada mendapat kejutan kecil berupa sepiring stroberi.

Sakurada yang sebelumnya menjabat Kepala Keamanan Siber di Jepang diangkat menjadi Menteri Olimpiade untuk menyambut Tokyo 2020. Ini merupakan kunjungan pertama Sakurada ke Israel sejak memangku jabatan baru tersebut tiga bulan lalu.

Sakurada banyak menghabiskan waktu kunjungan ke markas Komite Olimpiade Israel (OCI) di Tel Aviv. Menurut laporan Inside The Games, dia langsung disambut Presiden OCI, Igal Carmi, anggota Komite Olimpiade Internasional -Alex Gilady- dan ketia Komite Paralimpik Isreal (NPCI) Shuki Dekel.

Dalam kesempatan tersebut Israel menjamu Sakurada dengan sepiring stroberi -yang menurut laporan Inside The Games- langsung dipetik dari perkebunan di kota Tel Aviv. Jamuan tersebut langsung meluluhkan hati Sakurada.

"Israel merupakan salah satu tempat yang paling ingin saya kunjungi. Dan ini merupakan stroberi terbaik yang pernah saya makan," kata Sakurada.

Menurut laporan yang sama, sebelum kunjungan Sakurada ke Israel, OCI melakukan penelusuran tentang kebiasaan Sakurada. Di sana mereka mendapati bahwa politisi Jepang tersebut sangat suka makan stroberi.

Jalan apa pun ditempuh Israel untuk menjalin hubungan baik dengan Jepang agar bisa tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Mereka sebelumnya sempat ditolak tampil di pesta olahraga multi-event seperti Asian Games atas dasar solidaritas terhadap Palestina.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4545 seconds (0.1#10.140)