Merpati Putih Open 2019 Piala Panglima TNI Resmi Dibuka

Rabu, 01 Mei 2019 - 10:43 WIB
Merpati Putih Open 2019 Piala Panglima TNI Resmi Dibuka
Merpati Putih Open 2019 Piala Panglima TNI Resmi Dibuka
A A A
JAKARTA - Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih (MP) Open 2019 yang diselenggarakan Perguruan Pencak Silat (PPS) Bela Diri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih di Gedung Olah Raga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur resmi dibuka, Rabu (1/5/2019).

Pembukaan Kejuaraan MP Open 2019 yang dilakukan Ketua Umum Panitia Pelaksana MP Open 2019 Abdul Kharis Almasyhari ditandai dengan seremonial pemukulan gong. "Merpati Putih Open 2019 merupakan kejuaraan silat tingkat nasional yang juga diikuti peserta dari luar negeri. Ini merupakan suatu event untuk pembibitan atlet disamping untuk memupuk persatuan dan persaudaraan antar perguruan silat yang ujungnya adalah untuk pembinaan prestasi demi mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," kata Abdul Kharis.

Abdul Haris menegaskan, event MP Open 2019 ini memadukan tiga unsur yaitu kompetisi, edukasi dan entertainment. Unsur edukasi yang dimasukan dalam ajang ini yaitu dengan menggelar Seminar Parenting oleh psikolog, ahli olahraga dan Badan Narkotika Nasional dengan sasaran peserta adalah orang tua, guru dan pelatih.

"Seminar Parenting ini dilakukan untuk mengarahkan orangtua bahwa anak-anak yang sehat itu berpeluang lebih tinggi berprestasi dibanding anak yang tidak sehat. Sehingga silat sebagai salah satu cabang beladiri dan olah raga dapat juga membuat anak berprestasi.

Sedangkan unsur entertainment, kata Abdul Haris, dengan menggelar Marching Band, Reog Ponorogo, Sisingaan, Silat Bercerita, Live Music oleh Grup Band disamping pencatatan Rekor MURI atas peragaan jurus tunggal oleh seluruh peserta MP Open.

Menurut Haris, saat ini jumlah peserta MP Open tercatat ada 1.615 pesilat dari 26 perguruan silat dari seluruh Indonesia disamping satu peserta dari perwakilan Singapura Sementara 15 provinsi yang berpartisipasi diantaranya, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DIY, Jabar, Jateng, Jateng, Jambi, Lampung , NTT, Sulsel, Sumsel dan Sumut.

Rangkaian kegiatan MP Open yang memperebutkan Piala Panglima TNI ini telah mulai dilaksanakan pada 27 April 2019. Di mana dimulai dengan Pemasalan dilanjutkan pada 30 April dengan TM Prestasi. Pada hari ini langsung dilakukan tanding prestasi hingga 2 Mei 2019. Sedangkan pada 3-4 Mei akan dilakukan tanding pemasalan hingga closing ceremony yang juga akan dilaksanakan pada 4 Mei 2019
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.3200 seconds (0.1#10.140)