Indonesia v Denmark; Marcus/Kevin Atau Hendra/Ahsan Wajib Menang

Rabu, 22 Mei 2019 - 13:03 WIB
Indonesia v Denmark; Marcus/Kevin Atau Hendra/Ahsan Wajib Menang
Indonesia v Denmark; Marcus/Kevin Atau Hendra/Ahsan Wajib Menang
A A A
NANNING - Ganda putra menjadi harapan untuk menyumbangkan poin kemenangan bagi Indonesia melawan Denmark di Piala Sudirman 2019, Rabu (22/5) sore nanti. Dari tiga pasangan ganda putra Indonesia yang saat ini bertengger di Top 5 dunia, siapa yang akan dipercaya dimainkan melawan Denmark?

Apakah duet Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, atau Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto? Dari ketiga pasangan tersebut, Kevin/Marcus dan Hendra/Ahsan punya rekor head to head lebih bagus saat melawan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen yang menjadi ganda putra utama Denmark.

Kevin/Marcus unggul 7-1 atas Kim/Anders dalam delapan pertemuan sebelumnya. Duet Hendra/Ahsan pun selalu unggul dalam lima pertemuan sebelumnya atas Kim/Anders yang berperingkat delapan dunia. Jika tidak ada kejutan, satu poin dari ganda putra bisa diamankan Marcus/Kevin atau Hendra/Ahsan.

Namun, ganda putra Denmark tak boleh dianggap remeh. Fokus menang harus dikobarkan ganda putra Indonesia. Kim /Anders juga gagal menyumbangkan angka saat dikalahkan Marcus Ellis/Chris Langridge dengan skor 21-16, 19-21, 19-21.

"Kalau lihat dari segi rangking, memang Astrup/Rasmussen yang paling tinggi di ganda putra Denmark. Tapi bisa saja mereka menurunkan kombinasi pasangan lain, kan ada (Mathias) Boe juga," kata Herry Iman Pierngadi, Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI.

Kevin/Marcus tercatat pernah tujuh kali menang dan satu kali kalah dari Astrup/Rasmussen. Kekalahan Kevin/Marcus terjadi di babak pertama BCA Indonesia Open 2017, kala itu Kevin mengalami cedera pada tangannya. Hendra/Ahsan tak pernah sekalipun kalah dari Astrup/Rasmussen dalam lima pertemuan mereka. Sedangkan Astrup/Rasmussen unggul 2-0 dalam rekor pertemuan melawan Fajar/Rian.

"Memangstrong pointada di ganda putra, mau nggak mau harus sumbang poin. Saya juga tekankan ke pemain-pemain ganda putra, kita jangan mau kalah, kita harus sumbang poin," ucap Herry.

Namun Herry ingin timnya tetap waspada dan tidak menganggap enteng lawan, walaupun di atas kertas, Indonesia lebih dijagokan di sektor ini. Pada Piala Sudirman 2017, Kevin/Marcus tak dapat menyumbang angka kemenangan setelah kalah tipis dari Mathias Boe/Carsten Mogensen dengan skor 21-16, 22-24, 21-23.

"Evaluasi dari Piala Sudirman 2017, sebelum pertandingan selesai, apa pun bisa terjadi, kita jangan anggap enteng lawan, namanya juga pertandingan. Apalagi ini pertandingan beregu, kalau di perorangan menang-menang terus, di beregu belum tentu," sebut Herry.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7509 seconds (0.1#10.140)