Eks Pelatih Timnas Indonesia Membedah Final Liga Champions

Selasa, 28 Mei 2019 - 20:30 WIB
Eks Pelatih Timnas Indonesia Membedah Final Liga Champions
Eks Pelatih Timnas Indonesia Membedah Final Liga Champions
A A A
MADRID - Mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, ikut mengomentari final Liga Champions 2018/2019 yang mempertemukan Liverpool dan Tottenham Hotspur. Menurutnya, ada sebuah kunci sukses yang membuat dua tim Inggris itu tembus final Liga Champions.

Milla berpendapat, kunci sukses klub Inggris dalam mencapa level kompetitif di Eropa adalah kesabaran manajemen. Meski tanpa trofi di tahun-tahun pertama, manajemen klub Inggris tidak langsung memecat si pelatih.

"Mereka (Pochettino dan Klopp, red) memiliki tim yang sangat serbaguna. Rahasia mereka adalah waktu. Pochettino ada di tahun kelimanya bersama Tottenam. Sedangkan Klopp pada tahun keempat bersama Liverpool," kata Milla.

"Awalnya mereka tidak mudah berada di Inggris. Tapi klub mereka memberi waktu kepada pelatih. Di Spanyol, mereka mungkin akan dipecat (melewatkan tahun-tahun tanpa trofi, red). Itu adalah kesuksesan sepak bola Inggris," lanjutnya.
Eks Pelatih Timnas Indonesia Membedah Final Liga Champions

Milla yang pernah membesut Timnas Indonesia di tahun 2017-2018 mengatakan bahwa Liverpool sedikit lebih diunggulkan menang. Sebab, pengalaman gagal di final tahun lalu akan mengatar The Reds tampil lebih kompetitif sekarang. (Baca juga: Jelang Final Liga Champions: Juergen Klopp Tersengat Pepatah Jerman )

"Tahun lalu Liverpool mencapai final Liga Champions. Tahun ini Klopp akan menjaga area tertentu. Ini dasar di kompetisi mana pun. Di Inggris, Indonesia, atau Spanyol begitu," kata Milla.

Liverpool akan menghadapi Tottenham di partai final Liga Champions yang berlangsung di Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, 2 Juni 2019 mendatang. Pertandingan akan menarik karena Tottenham baru pertama kali tampil di final, mereka menyandang predikat penantang. Sedangkan Liverpool adalah tim Inggris tersukses di Eropa dengan koleksi lima trofi Liga Champions.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6926 seconds (0.1#10.140)