Pelatih Top Sambut Positif VAR di UEFA Nations League

Kamis, 06 Juni 2019 - 01:00 WIB
Pelatih Top Sambut Positif VAR di UEFA Nations League
Pelatih Top Sambut Positif VAR di UEFA Nations League
A A A
PORTO - Teknologi VAR alias Video Assistant Referee semakin diakui di dunia sepak bola modern. Rencananya, turnamen elit UEFA Nations League bakal mengadopsi teknologi tersebut.

Esensi penggunaan VAR adalah meminimaliasi kesalahan pengambilan keputusan oleh wasit yang memimpin suatu pertandingan. Setelah sukses diterapkan di Piala Dunia 2018 lalu, VAR akhirnya juga melakoni debutnya di Liga Champions 2018/2019.

Saat ini VAR akan kembali digunakan, tepatnya saat putaran final UEFA Nations League alias Liga Bangsa-Bangsa UEFA di Portugal tengah pekan ini. Menarik untuk mengetahui sejauh mana VAR mewarnai laga di ajang tersebut.

“VAR sangat baik untuk membantu membuat sepakbola lebih adil dan mengoreksi sebagian kesalahan pengambilan keputusan. Tentu saja itu hal yang bagus. Bagaimana pun juga kita harus sadar diskusi akan selalu ada karena perbedaan interpretasi,” tutur Pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman di situs resmi UEFA, Selasa (4/6/2019).

Senada dengan Koeman, yang negaranya lolos ke semifinal turnamen itu, Pelatih Timnas Portugal Fernando Santos juga menyambut positif. Kata dia, VAR sudah terbukti menghasilkan keputusan yang tepat dalam suatu pertandingan.

"Saya yakin penggunaan VAR di UEFA Nations League merupakan langkah maju bagi semua orang yang mencintai sepakbola dan fair play. VAR adalah perangkat yang fantastis untuk semua wasit, pemain, dan pelatih, dan seharusnya dipakai di seluruh kompetisi di bawah naungan UEFA," kata Santos.

Semifinal pertama akan mempertemukan Portugal kontra Swiss di Estadio do Dragao, 6 Juni 2019 dini hari WIB. Sehari setelahnya, Timnas Belanda akan menghadapi Inggris.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5220 seconds (0.1#10.140)