Raih Posisi Ketiga, Timnas Pelajar U15 Disambut Meriah

Rabu, 10 Juli 2019 - 07:51 WIB
Raih Posisi Ketiga, Timnas Pelajar U15 Disambut Meriah
Raih Posisi Ketiga, Timnas Pelajar U15 Disambut Meriah
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kemenpora memberikan sambutan hangat pada Timnas Pelajar U15 yang baru saja tampil di turnamen IBER Cup 2019. Meski meraih posisi ketiga, capaian tim yang diasuh Aples Tecuari mendapatkan apresiasi.

Kedatangan pesepak bola masa depan Indonesia itu disambut langsung Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Selasa (9/7/2019). Aples mengaku senang mendapat sambutan hangat dari pemerintah. Menurutnya itu merupakan sebuah apresiasi yang besar dari pemerintah atas perjuangan skuadnya di pentas dunia.

Selain itu, mantan pemain bertahan Timnas Senior Indonesia di era tahun 90 an itu juga melaporkan atmosfer pertandingan yang dilalui oleh anak asuhnya tersebut. "Kami bersyukur sampai dengan selamat ke Tanah Air setelah lebih dari 10 hari berada di Portugal untuk mengikuti turnamen IBER CUP 2019 ini dengan membawa hasil berada ditempat ketiga. Kami berhasil mengalahkan tim favorit juara yang merupakan tuan rumah pada babak delapan besar. Sayang kami kami kalah di semifinal oleh tim yang menjuarai turnamen ini," tutur Aples Tecuari dalam laporannya.

"Anak-anak mengaku senang dapat pengalaman, jam terbang dan pembelajaran berharga melalui turnamen ini. Untuk itu kami pelaku sepak bola patut bersyukur bahwa Pemerintah hadir dalam proses pengembangan talenta-talenta muda kita yang akan menjadi aset masa depan bangsa ini," tambahnya.

Sementara itu Raden Isnanta yang hadir didampingi Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Alman Hudri, Kabid Olahraga Pendidikan Menengah Ary Moelyadi serta Kabag Humas, Hukum dan Sisinfo Agus Lesmana, mengatakan hasil yang didapat oleh tim yang di manajeri oleh Ray Gutafson Manurung itu sungguh luar biasa.

"Hasil peringkat tiga yang diraih oleh Timnas Pelajar U-15 Kemenpora ini sangat luar biasa. Pasalnya turnamen ini merupakan event yang cukup bergengsi di Eropa, terlebih ini merupakan capaian tertinggi dari sekian banyaknya Indonesia mengirimkan perwakilan untuk berkompetisi di level Eropa," ucapnya.

Perlu diketahui, dalam IBER CUP 2019 diikuti oleh tim-tim Eropa yang akademi persepakbolaannya cukup kuat baik skill maupun kemampuan yang lain, sehingga melalui hasil ini Indonesia sudah bisa mengikuti kejuaraan yang sama dengan level yang lebih tinggi, yakni level elite.

"Dengan tercatat sebagai semifinalis, maka tim ini berhak mengikuti jenjang kompetisi diatasnya yakni di level elite yang diisi oleh akademi-akademi top dunia seperti Paris Saint Germain, Barcelona, Manchester United dan lainnya, sehingga artinya jika sudah disejajarkan dengan itu menjadi sebuah kebanggaan," tutur Raden Isnanta.

Ke depannya, pihaknya ingin lebih mengoptimalkan pembinaan liga berjenjang ini, karena merupakan sebuah jawaban dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. "Kita harus sejajar dengan level persepakbolaan Eropa, karena target besar kita adalah membangun persepakbolaan Indonesia untuk mampu masuk ke Olimpiade serta Piala Dunia yang dimulai dari generasi muda seperti di level U-15 ini," ungkap Raden Isnanta.

"Saya paham betul bahwa dalam mengontrol, mengawal perjalanan menuju singgasana usia emas nanti butuh waktu panjang dan perhatian yang lebih. Jika sekarang berhasil menjadi semifinalis di event ini, bukan hasil akhir dari keberhasilan, namun masih ada tahapan berikutnya, bahkan anak-anak tadi sudah sepakat tidak jumawa dari pencapaian yang diraih, karena masih ada perjalanan panjang yang mesti dilalui untuk berada di podium tertinggi, tentunya dengan kerja keras," tambahnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6101 seconds (0.1#10.140)