Gowes Nusantara Sapa Masyarakat Payakumbuh

Minggu, 28 Juli 2019 - 13:29 WIB
Gowes Nusantara Sapa Masyarakat Payakumbuh
Gowes Nusantara Sapa Masyarakat Payakumbuh
A A A
PAYAKUMBUH - Gelaran Gowes Nusantara 2019 kini menyapa masyarakat Payakumbuh, Sumatera Barat. Tak disangka, event digagas Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora ini mendapatkan sambutan meriah, bahkan peserta yang ikut serta melebih target.

Awalnya, panitia hanya membidik 3 ribu peserta. Tapi saat pelaksanaan, Minggu (28/7/2019), tercatat ada 5 ribu peserta ambil bagian di ajang gowes yang menempuh jarak 20km.

Untuk pelaksanaan di Payakumbuh, gowes dimulai dari Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah dengan rute Tugu Adipura-Labuah Basilang-Gelanggang Kubu Gadang (checkpoint), Simpang Benteng-Simpang Kaniang Bukik-Simpang Napar-Simpang Bunian-Simpang Kanda dan kembali di Ngalau Indah.

Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora, Alman Hudri yang mewakili Menpora Imam Nahrawi, menyampaikan apresiasi atas tingginya minat masyarakat mengikuti event tersebut. Peserta tidak hanya dari Sumbar, tapi juga provinsi tetangga seperti Riau, Jambi dan Bengkulu ikut serta dalam program tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh, Sumbar Riza Falepi, dalam sambutannya kala melepas peserta Gowes Nusantara 2019, mengajak para pegawai serta masyarakat umum untuk membudayakan bersepeda ke kantor atau tempat kerja sebagai bagian dari kampanye hidup sehat. "Tinggalkan mobil atau kendaraan bermotor di rumah dan dari sekarang mari kita mulai dan budayakan bersepeda ke tempat kerja, " kata Riza.

Selain kampanye hidup sehat, Riza menambahkan jika ajang Gowes Nusantara yang merupakan program pemassalan olahraga di Tanah Air, bisa menjadi sarana untuk merajut kembali persatuan di lingkungan masyarakat setelah berakhirnya Pilpres.

"Tidak ada lagi cebong dan kampret, sudah saatnya kita kembali fokus pada kehidupan yang damai seperti semula dan saatnya memikirkan pola hidup sehat dengan berolahraga," katanya.

Program olahraga sepeda massal di bawah payung tema besar "Ayo Olahraga" itu akan berakhir pada 9 September mendatang, bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6532 seconds (0.1#10.140)