Tim Kawasaki Juara di Balapan Kontroversial Suzuka 8 Hours

Minggu, 28 Juli 2019 - 21:41 WIB
Tim Kawasaki Juara di Balapan Kontroversial Suzuka 8 Hours
Tim Kawasaki Juara di Balapan Kontroversial Suzuka 8 Hours
A A A
SUZUKA - Tim balap Kawasaki memenangkan balapan kontroversial di ajang Suzuka 8 Hours. Perlombaan tersebut tidak selesai karena tumpahan oli dan insiden kecelakaan pembalap.

Berlangsung di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (28/7/2019) malam WIB, balapan semula berlangsung kondusif. Namun, ketika masuk 20 menit sebelum race selesai, mesin motor #2 SERT Suzuki meledak di Tikungan 3 hingga menyebabkan tumpahan oli.

Insiden itu menyebabkan Rea mengalami kecelakan dua menit terakhir. Red Flag kemudian dikibaskan dan Kawasaki merayakan kemenangan. Akan tetapi, Race Direction menyatakan pemenang adalah Yamaha, karena Rea tidak dapat kembali ke pit dalam batas waktu lima menit.

Dikutip Motorsport, tak terima oleh keputusan tersebut, Kawasaki mengajukan protes. Tim beragumentasi bahwa hasil balapan seharusnya berdasarkan posisi pada lap sebelum kibasan Red Flag.

Race Direction akhirnya mengubah keputusan. Hasil balapan mengacu pada posisi setelah menyelesaikan lap sebelum Red Flag dan aturan lima menit diabaikan.

Dengan demikian, #10 Kawasaki (Rea, Leon Haslam, Toprak Razgatlioglu) mengklaim juara Suzuka 8 Hours – merupakan kemenangan pertama tim sejak 1993 silam.

Lalu, #21 Yamaha (Michael van der Mark, Alex Lowes, Katsuyuki Nakasuga) berstatus runner-up, dengan #33 Red Bull Honda (Stefan Bradl, Takumi Takahashi, Ryuichi Kiyonari) podium ketiga.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3096 seconds (0.1#10.140)